Tahun 2018 akan segera tiba. Berdasarkan ketetapan resmi dari pemerintah, total akan ada 12 libur panjang di sepanjang tahun tersebut. Agar liburan Anda tidak membosankan, yuk, simak rekomendasi wisata untuk mengisi cuti bersama tahun 2018 berikut ini!

  1. Yogyakarta

Rekomendasi wisata pertama yang bisa Anda pilih untuk mengisi liburan cuti bersama tahun depan adalah Yogyakarta. Ya, Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jogja adalah sebuah kota dengan sejuta pesona.

Di sini, Anda bisa menemukan beragam jenis tempat wisata, mulai dari tempat wisaya sejarah dan budaya, tempat wisata alam, hingga berbagai pilihan taman bermain yang menyenangkan. Beberapa yang selalu menjadi tujuan favorit wisatawan adalah Candi Prambanan, Keraton, Jogja Bay Adventure Pirates Waterpark, Malioboro, Hutan Pinus Imogiri, serta deretan pantai-pantai cantik yang ada di kawasan Gunung Kidul.

Tak hanya itu saja, beragam kuliner khas juga bisa Anda cicipi saat berkunjung ke kota ini, mulai dari angkringan dan kopi jos hingga gudeg dan Bakmi Jawa yang lezat.

  1. Makassar

Sebagai Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan dan kota terbesar di timur Indonesia, Makassar juga memiliki segudang destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi.  Fort Rotterdam adalah kompleks bersejarah peninggalan kerajaan Gowa-Tallo yang sering menjadi tujuan wisata turis lokal maupun mancanegara. Sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Makassar, Anda juga bisa berkunjung ke Taman Nasional Bantimurung Bulusarung. Usai berwisata seharian, sempatkan juga menikmati pemandangan sunset yang menawan di Pantai Losari.

Selain tempat wisata, beragam kuliner yang menggugah selera pun juga ada di kota ini. Beberapa hidangan yang wajib Anda coba antara lain adalah Sop Konro, Sop Saudara, Es Pallu Butung, Coto Makassar, serta Pisang Epe.

  1. Bali

Terletak di sebelah timur Pulau Jawa, keeksotisan Bali sebagai primadona wisata Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi. Selain panorama pantainya yang mengagumkan dan banyak menjadi tujuan favorit para wisatawan mancanegara, beragam tempat wisata yang lain seperti air terjun, gunung, danau, hingga taman bermain keluarga juga bisa Anda temukan di sini.

Tak hanya itu saja, beragam tempat wisata budaya pun juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Jika tertarik dengan kebudayaan Bali, Anda bisa berkunjung ke sejumlah desa adat yang masih mempertahankan budaya tradisional leluhur seperti Desa Panglipuran yang ada di Kabupaten Bangli, Desa Batubulan yang berada di Kabupaten Gianyar, serta Desa Trunyan yang berada di tepi Danau Batur, Kintamani.

  1. Pulau Komodo

Sesuai dengan namanya, Pulau Komodo merupakan pulau yang menjadi habitat asli dari hewan komodo, spesies kadal raksasa pemakan daging yang hanya ada di Indonesia.

Setidaknya, ada 3 macam paket trekking yang bisa Anda pilih jika ingin menjelajahi Pulau Komodo, mulai dari short track, medium track, serta long track. Anda pun tak perlu merasa khawatir selama perjalanan, karena ada pawang atau jaganawa yang akan setia menemani dan mengarahkan Anda untuk menjelajahi sudut-sudut terbaik.

Selain terdapat komodo, panorama yang disuguhkan oleh pulau ini pun juga sangat menawan. Hamparan laut biru dan savananya pasti akan membuat Anda terpesona akan keindahannya.

Baca juga: 9 ALASAN MEMILIH LABUAN BAJO SEBAGAI DESTINASI ANDA SELANJUTNYA

  1. Jakarta

Di balik kemacetan dan kepadatannya, Ibu Kota Jakarta ternyata juga menyimpan berbagai tempat wisata menarik yang dapat membuat liburan cuti bersama tahun 2018 lebih menyenangkan. Mulai dari Tugu Monumen Nasional (Monas), Kebun Binatang Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), hingga Taman Wisata Jaya Ancol, semuanya asyik untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Jika ingin menikmati kebudayaan Betawi, Anda juga bisa datang ke Kampung Betawi Setu Babakan.

Sementara, bagi Anda yang hobi berbelanja, Jakarta juga merupakan tujuan liburan yang tepat. Berbagai pusat perbelanjaan dari yang tradisional hingga modern bisa Anda temukan di kota metropolitan terbesar di Indonesia ini. Jika datang di waktu-waktu tertentu, Anda pun bisa berkesempatan untuk mendapat berbagai penawaran diskon yang menggiurkan.

  1. Padang

Tak hanya terkenal dengan kulinernya, Padang juga memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sangat cocok jika Anda mencari destinasi untuk mengisi libur cuti bersama tahun 2018.

Mencari tempat wisata pantai? Ada Pantai Padang, Pantai Pasir Jambak, atau Pantai Air Manis yang terkenal dengan legenda Malin Kundang. Jika ingin menikmati suasana alam yang sejuk dan asri, Anda juga bisa berkunjung ke Air Terjun Tiga Tingkat dan Air Terjun Nyarai.

Tak hanya itu saja, Padang juga memiliki sejumlah landmark yang cukup terkenal. Di antaranya ada Jembatan Siti Nurbaya dan Miniatur Makkah yang terletak di daerah Lubuk Minturum.

  1. Kepulauan Derawan

Pulau Derawan merupakan salah satu primadona wisata bahari Indonesia. Lokasinya berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau-pulau yang termasuk dalam kepulauan ini antara lain adalah Pulau Derawan, Kakaban, Sangalaki, Panjang, Maratua, dan Samama.

Tak kalah dengan Bunaken dan Raja Ampat, Kepulauan Derawan juga menawarkan spot bawah laut yang sangat menawan. Puas melakukan aktivitas snorkeling ataupun diving, sempatkan juga untuk mampir ke danau ubur-ubur tidak menyengat (stingless jellyfish) yang berada di Pulau Kakaban.

Baca juga: 10 DESTINASI WISATA PRIORITAS YANG PATUT DIDATANGI

 

Demikianlah beberapa rekomendari wisata untuk mengisi libur cuti bersama 2018. Selain Anda dapat mempersiapkan liburan dengan menggunakan jatah cuti sejak jauh hari, ini juga merupakan peluang bisnis untuk Anda. Menjadi agen travel adalah salah satu contohnya. Anda dapat membuat berbagai open trip dengan rekomendasi di atas dan memasarkannya pada teman-teman Anda. Untuk pembelian tiket perjalanan hingga hotel dapat Anda lakukan melalui sistem AeroTicket. Jadi, jangan ragu untuk bergabung bersama AeroTicket.

AeroTicket merupakan layanan penyedia sistem keagenan yang yang memudahkan para pengusaha bisnis keagenan tiket untuk menjalankan bisnisnya, mulai dari pembelian tiket pesawat, kereta api, bus, paket tur, pemesanan kamar hotel, dan lain sebagainya. Bersama AeroTicket, Anda akan dapat mengelola bisnis travel menguntungkan dengan mudah dan fleksibel.

 

Berikut kami berikan kalender cuti tahun 2018 sehingga Anda dapat merencanakan perjalanan Anda dari sekarang.