Senang melihat pertunjukan kembang api? Kembang api ditemukan oleh ilmuan alkimia Cina, sekitar abad 7-10 masehi, yang awalnya digunakan untuk mengusir roh jahat. Kondisi ini cukup kontras penggunaanya pada saat sekarang, yang biasanya untuk memperingati sesuatu. Walau umum, tetapi kembang api tidak melulu dinyalakan saat tahun baru loh. Di bawah ini Anda bisa melihat bagaimana kembang api digunakan di suatu kota/negara dalam perayaan, hingga bahkan mempunyai kompetisi sendiri.

 

Hasil ledakannya yang beragam dengan warna-warni cantik, tentu membuat siapapun tak bisa bersedih saat melihatnya dan ini menjadi obyek wisata yang menyenangkan. Berikut adalah 7 daftar tempat dengan pertunjukan kembang api paling memukau di dunia, yang mungkin bisa menjadi tujuan perjalanan Anda di tahun ini.

 

 

  1. Dubai, Uni Emirat Arab

Apa yang terjadi saat salah satu kota termewah di Uni Emirat Arab memutuskan untuk merayakan malam pergantian tahun? Pastinya mengagumkan! Setiap tahunnya, Dubai menampilkan pertunjukan kembang api & air mancur, berdurasi 5-15 menit di pusat kota, dengan Burj Khalifa (menara tertinggi di dunia) sebagai titik sentral. Momen ini selalu mengumpulkan ribuan orang untuk hadir melihat pertunjukan warna-warni cahaya kembang api di malam pergantian tahun.

 

Menghabiskan lebih dari 1 ton kembang api setiap tahunnya, pertunjukan ini sempat memecahkan rekor pesta kembang api terbesar versi Guinness Book of Record pada tahun 2014 lalu, dengan total penggunaan kurang lebih 500.000 kembang api yang tersebar di 400 titik di penjuru Dubai, dan menghabiskan biaya sekitar US$ 6.000.000.

 

Waktu: setiap malam pergantian tahun Masehi

Lokasi: sekitar Burj Khalifa, pusat kota Dubai, Uni Emirat Arab

 

 

 

  1. Thunder Over Louisville, Amerika

Thunder Over Louisville adalah upacara pembukaan dari rangkaian acara Festival Kentucky Derby. Pertunjukan kembang api pada acara ini, sebelumnya didahului oleh pertunjukan udara yang mengesankan dari pesawat-pesawat kecil. Menggunakan 60 ton selongsong kembang api dan bekerjasama dengan Zambelli International (perusahaan kembang api keluarga terbesar di dunia), membuatnya menjadi pertunjukan termegah di wilayah Amerika Utara, setiap tahun.

 

Durasi pertunjukan kembang api ini berkisar 28 menit dan ditemani dengan alunan musik atau lagu yang akrab di telinga sehingga memberikan pengalaman personal yang dirasakan setengah juta pengunjung yang memadatinya. Tentu sebuah pengalaman yang tak terlupakan, bukan?

 

Waktu: akhir April, 2 minggu sebelum Sabtu pertama di bulan Mei (Derby Day)

Lokasi: Louisville, Kentucky, Amerika Serikat

 

 

  1. La Fête Nationale, Prancis

Kalau Anda mengira pertunjukan kembang api terbesar di Paris ada pada malam tahun baru, maka maaf, sayang sekali tebakan Anda salah. Pertunjukan terbesar ada pada Hari Nasional atau yang dikenal oleh negara lain sebagai Bastille Day — peringatan penyerbuan penjara Bastille (simbol kekuasaan monarki pada masa itu), yang juga menjadi pemicu Revolusi Prancis.

 

Walau pada hari tersebut pertunjukan kembang api ada di berbagai tempat, namun yang terbesar dapat dilihat di Champ de Mars, yaitu taman yang membentang antara Menara Eiffel dan Ecole Militaire. Ratusan cahaya kembang api yang silih berganti meledak dalam gerakan harmoni, memenuhi udara pada malam tersebut dan sesekali kembang api terbang dari arah Menara Eiffel. Bila Anda berminat mengunjunginya namun tak ingin berdesakan di daerah Trocadero atau Champ de Mars, Anda dapat melihatnya dari Pont des Arts, Pont de la Concorde, Pont Alexandre III atau tempat-tempat tinggi di kota Paris.

 

Waktu: 14 Juli

Lokasi: seputaran Menara Eiffel, Paris, Prancis

 

 

  1. Guy Fawkes Night, England

Ingat V for Vendetta? Cerita tersebut terinspirasi dari kisah nyata Guy Fawkes, seorang ahli peledak, dan rekan-rekannya di awal abad ke-17 yang gagal meledakkan gedung parlemen Inggris, sebagai bentuk protes kepada pemerintah saat itu yang menyulitkan praktek agama selain yang dianut raja.

 

Peristiwa ini kemudian dikenal dengan Bonfire Night/Guy Fawkes Night dan diperingati setiap tahun dengan api unggun dan pertunjukan kembang api, sebagai representasi bahan peledak, untuk mengingat kegagalan konspirasi pembunuhan tersebut. Peringatan ini dilakukan di seluruh penjuru Inggris namun sebagian besar pertunjukan yang mengagumkan ada kota-kota besar, terutama London. Diantaranya di daerah Alexandra Palace, Victoria Park, dan Wimbledon Park. Karena peringatan ini merupakan festival rakyat, maka suasananya pun seperti pasar malam, di mana terdapat banyak penjaja makanan dan wahana untuk anak serta dewasa.

 

Waktu: 5 November

Lokasi: seluruh penjuru Inggris, terutama di London

 

 

  1. Festival de l’International des Feux Loto-Québec, Canada

Apa lagi tempat terbaik untuk melihat pesta kembang api selain di kompetisi kembang api? Pada artikel ini, kami juga mengangkat 2 kompetisi internasional kembang api dan yang pertama adalah Festival de l’International des Feux Loto-Québec atau kompetisi internasional kembang api di Montreal, Kanada.

 

Bermula pada tahun 1985, kompetisi ini menjadi salah satu top destinasi wisata di Montreal pada musim panas. Kompetisi ini diikuti oleh 8-9 negara, dengan pertunjukan kembang api bertema tertentu, berdurasi 30 menit yang berlangsung setiap malam di akhir pekan pada masa kompetisi.

 

Waktu: pertengahan Juli – pertengahan Agustus

Lokasi: La Ronde (theme park), Montreal, Québec, Kanada

 

 

  1. Pohang International Fireworks Festival, Korea Selatan

Festival kembang api lainnya ada di Korea Selatan yaitu Pohan International Firework Festival. Acara ini berlokasi di Pantai Yeongildae, tepatnya di kota Pohan yang dikenal sebagai “Kota Cahaya & Api” dan terletak di atas Busan.

 

Sebagaimana Festival Feux Loto – Quebec, setiap tahunnya terdapat tema dan peserta diwajibkan membuat sebuah koreografi kembang api yang mengiringi suatu lagu. Selama 3-4 hari, festival ini tidak hanya menampilkan kompetisi yang diikuti oleh berbagai perusahaan kembang api dari berbagai negara, tetapi juga menampilkan parade cahaya, street performance, dan banyak aktivitas lainnya.

 

Waktu: akhir bulan Juli

Lokasi: Hyeongsangang Sports Park, Yeongildae Northern Beach, Pohang, Korea Selatan

 

 

 

  1. Berbagai Festival Kembang Api saat Musim Panas, Jepang

Berbicara tentang kembang api, rasanya tak mungkin melewatkan negara satu ini. Jepang tak hanya andal dalam seni merangkai bunga (ikebana) akan tetapi juga merangkai kembang api dengan interval ledakan yang tersinkronisasi dengan baik. Sejak dulu, pertunjukan kembang api menjadi bagian budaya tradisional Jepang, jadi jangan heran bila saat musim panas, Anda dapat menemukan pertunjukan kembang api di berbagai tempat. Bermacam eksperimen pun dilakukan sehingga Anda dapat menyaksikan kembang api berwujud air terjun, bentuk hati, smiley dan berbagai bentuk indah lainnya.

 

Karena sebagian besar festival berada pada musim panas, maka pasar malam pun umumnya dibuka di lokasi sekitar pertunjukan. Beberapa pertunjukan yang terkenal diantara lain adalah Sumida River Fireworks, Omagari National Fireworks Competition, dan Tsuchiura National Fireworks Competition.

 

Waktu: sepanjang musim panas (Juli – Agustus)

Lokasi: berbagai daerah di Jepang

 

 

Setelah melihat daftar di atas, apakah ada pertunjukan kembang api yang ingin Anda kunjungi? Jika ada, segera hubungi agen tiket pesawat online terdekat dari AeroTicket untuk mendapatkan harga bersahabat, atau hubungi support kami di reservation[at]aeroticket.co.id atau (021) 7205788.