Banyak orang bercita-cita mempunyai usaha sendiri, namun seringkali terkendala oleh tempat, modal, waktu, dan lain-lain, yang akhirnya mengendorkan niatan tersebut. Mendirikan usaha memang tidak gampang, namun jika Anda berminat, sesungguhnya ada cara untuk meminimalisir kendala seperti yang telah diungkapkan di atas, yaitu dengan mencoba memulai bisnis online.

Sepanjang sejarah, mungkin tak ada momen semudah sekarang, untuk memulai bisnis yang bahkan dapat Anda mulai hari ini juga. Ada banyak peluang wirausaha untuk meraih penghasilan dengan cara online, mulai dari menjual barang, menyajikan jasa yang dapat diakses seluruh orang di dunia, membuat blog/situs dan mendapatkan keuntungan dari iklan, dan cara-cara lainnya. Sesungguhnya, yang terpenting bukanlah apa yang dapat Anda lakukan namun mengapa Anda memutuskan untuk berbisnis online. Oleh karena itu, kami memberikan 7 alasan yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda untuk memulai usaha online.

Belum ingin meninggalkan pekerjaan tetap? Bukan masalah

Pikiran-pikiran seperti takut gagal, terlalu berisiko, dan beragam pikiran buruk lainnya mungkin menahan Anda untuk memulai bisnis. Jatuh bangun tentunya dialami semua orang di seluruh bidang pekerjaan. Tentunya, tanpa melakukan kesalahan, kita tidak akan belajar bagaimana cara menanganinya. Jika yang menjadi alasan Anda memulai bisnis adalah takut gagal dan kehilangan pekerjaan saat ini yang memungkinkan penghasilan tetap, maka Anda harus segera menyingkirkan pikiran ini jauh-jauh.
Bisnis online memberikan keleluasaan bagi Anda. Tergantung tujuannya, Anda dapat menjalani bisnis ini sebagai usaha sampingan dan mungkin bila omsetnya sudah cukup besar, bukannya mustahil menjadi pekerjaan utama. Bisnis online, terutama dengan berjualan jasa/produk bukanlah seperti ilmu membuat roket yang memusingkan. Percayalah, saat Anda sekali saja berhasil menjual dagangan Anda, maka Anda dapat melakukannya lagi dan lagi…

shutterstock_392127553

Anda dapat memulainya tanpa perlu membobol tabungan

Saat ingin membuka toko, modal besar untuk memulai usaha adalah kendala yang tak dapat dipungkiri. Anda harus memikirkan perijinan, biaya sewa, gaji pegawai, dan berbagai pengeluaran lain yang cukup besar. Bisnis online meminimalisir biaya tersebut. Tergantung jenis bisnis yang Anda jalankan, Anda dapat memulainya dengan cuma-cuma ataupun dengan membayar biaya bulanan/tahunan yang tak begitu besar untuk membuka akun. Modal mutlak yang Anda butuhkan, tentunya ‘sekedar’ paket data dan perangkat handphone ataupun komputer untuk mengakses layanan internet.

shutterstock_416963155

Target pasar yang sangat luas

Berdasarkan data yang dilansir oleh APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), penetrasi pengguna internet di Indonesia mencapai 132,7 juta dari total 256,2 juta jiwa. Dari pengguna ini, mayoritas berada di rentang usia 35-44 tahun (29,2%) dan usia 25-34 tahun (24,4%), serta didominasi oleh pengguna internet dari perangkat telepon seluler.

Angka di atas belum termasuk data pengguna internet di seluruh dunia. Penggunaan teknologi internet berarti menghilangkan batasan wilayah dalam pertukaran informasi, sehingga Anda dapat bermimpi sebesar mungkin untuk meluaskan usaha. Mungkin saja, klien Anda berasal dari tempat yang tidak begitu jauh dari Anda berada, namun juga tidak menutup kemungkinan bahwa klien Anda berasal dari ribuan kilo meter/mancanegara, kan? Dalam artian lain, dengan menggunakan model bisnis online, Anda mempunyai target pasar yang sangat luas dan menariknya, beberapa jenis usaha juga memungkinkan Anda untuk menargetkan produk kepada pasar yang spesifik.

shutterstock_393511423

Kebebasan penuh bagi Anda dan pelanggan

Jika hanya mempunyai toko fisik, satu-satunya cara agar pelanggan dapat melihat dagangan Anda adalah dengan mendatangi toko tersebut. Terlebih lagi, Anda tentu tidak bisa terus-menerus membuka toko karena biayanya akan sangat besar. Karena bisnis online tidak memerlukan toko fisik, maka bisnis Anda dapat berjalan selama 24 jam/hari, 7 hari/minggu, dan 365 hari/tahun. Anda dan pelanggan dapat menghemat waktu dalam bertransaksi karena dapat dilakukan kapan saja, di mana saja selama terhubung dengan internet.

Dari segi pelanggan, ini dapat menghemat waktu mereka saat berbelanja dan tentunya hal ini menyenangkan. Untuk pebisnis, Anda dapat menjalani usaha bahkan ketika sedang berada di tengah siksaan kemacetan ataupun saat bersantai di pantai-pantai Labuan Bajo.

shutterstock_315678755

Kemudahan bagi pelanggan, keuntungan bagi Anda

Tidak perlu khawatir untuk repot-repot menjelaskan produk secara lisan karena informasi tersebut dapat Anda terangkan di website bisnis yang Anda miliki. Hal lainnya, di ranah internet, konsumen mempunyai akses luas untuk mendapatkan informasi produk. Menyenangkannya lagi, konsumen yang loyal tidak akan segan-segan untuk memberikan testimoni positif yang dapat menjadi rujukan calon konsumen lainnya. Setelah membaca ulasan positif tersebut, calon konsumen kemungkinan akan tertarik untuk mencoba atau membeli produk yang Anda tawarkan.

Berbagai pilihan promosi, sesuai kebutuhan Anda

Banyak cara promosi yang dapat dilakukan, dengan mengeluarkan biaya ataupun tidak, tergantung kebutuhan Anda. Anda dapat memaksimalkan penggunaan media sosial, forum jual-beli, situs-situs komunitas, menggunakan platform seperti AdWords bahkan menyewa endorser untuk memasarkan bisnis Anda. Semua pilihan, tentunya ada di tangan Anda.

shutterstock_177027719

Anda akan mendapatkan hal yang lebih berharga dari uang

Keuntungan lain berbisnis online adalah fleksibilitas yang didapatkan karena Anda tidak terikat oleh waktu. Ya, Anda akan mempunyai banyak waktu yang begitu berharga, yang jarang sekali didapatkan oleh pekerja kantoran pada umumnya. Begitu bisnis online Anda sudah berjalan dengan stabil, Anda dapat mulai melakukan hal-hal lain sesuai minat, ataupun mengembangkan minat baru. Apakah itu menghabiskan waktu bersama keluarga, mendalami hobi, jalan-jalan, dsb. Jadi, siapa bilang Anda harus mengorbankan banyak hal untuk mulai berbisnis?

 

Sebagai contoh dari bisnis online yang telah dipaparkan di atas adalah membuka agen perjalanan online. Jika Anda suka bepergian — mencintai proses riset mengenai perjalanan, menyusun itenerary, menyiapkan segala yang diperlukan saat dalam perjalanan (mengurus akomodasi, transport, dll), maka Anda dapat mulai mendapatkan penghasilan sampingan dengan menjadi agen perjalanan.
Dengan mengadopsi platform yang telah disediakan AeroTicket, Anda tidak perlu pusing untuk memulai usaha travel agent. Modal yang dikeluarkan pun tidak besar, Anda dapat memilih sendiri paket yang sesuai dengan kemampuan finansial serta kebutuhan. Anda tidak perlu membobol tabungan dan memiliki kebebasan waktu untuk mengatur jalannya bisnis Anda. Jika tertarik, silahkan menghubungi business consultant AeroTicket melalui Live Chat/ e-mail/ telepon atau cek paket kemitraan Aeroticket.