Semua orang pasti senang berlibur. Dengan berlibur, hati menjadi senang dan pikiran menjadi relaks. Namun, untuk berlibur, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Pertama, kondisi tubuh yang fit. Kedua, perlengkapan yang memadai. Ketiga, akomodasi dan transportasi selama liburan.

Perlengkapan yang harus dipersiapkan selama berlibur ada bermacam-macam. Namun, hal ini berkaitan dengan kebutuhan masing-masing orang maupun aktivitas liburan yang akan dilakukan. Nah, bagi yang ingin tetap merasa cantik dan elegan pada saat sedang liburan, Anda bisa memilih aneka motif batik yang bisa menemani keseruan waktu santai tersebut.

Mengapa Memilih Batik?

Keunggulan mengenakan batik adalah nyaman, khususnya yang berbahan dasar katun dan sutra. Ini sangat tepat digunakan saat berlibur ke daerah yang berhawa panas. Selain itu, baju batik dengan mode dress dari katun biasanya tidak mudah lecek. Karena itu, tanpa perlu disetrika, penampilan Anda bisa tetap kinclong.

Keuntungan lain menggunakan baju bermotif batik adalah tidak perlu banyak mengenakan aksesori. Sebagian besar batik memang memiliki motif yang ramai dan terdiri atas beragam variasi warna yang ceria. Nah, Anda bisa memilih salah satu di antaranya untuk membuat penampilan Anda semakin menarik.

Dengan batik, Anda pun bisa melakukan tabrak motif dalam berpakaian dengan lebih mudah. Ya, saat liburan, fleksibel itu memang sebuah keharusan.

Nah, berikut adalah 10 motif batik yang cocok dipakai pada saat liburan.

  1. Batik Solo

Batik yang berasal dari Solo didominasi oleh warna kecokelatan yang khas atau yang disebut juga sogan. Kesan yang terlihat adalah anggun dan elegan. Parang adalah salah satu motif yang  digemari oleh wisatawan. Bentuknya khas yakni menggambarkan lautan berupa garis yang menyerupai huruf S. Harapannya, Anda yang mengenakan motif batik ini akan memiliki kepribadian yang pantang menyerah, berani menghadapi terjangan ombak seperti batu karang yang berdiri kokoh.

Anda bisa mengenakan batik-batik jenis ini ketika berlibur ke sebuah situs bersejarah. Sembari menikmati keindahan arsitektur masa lampau, Anda pun bisa berpenampilan maksimal karena serasi dengan latar belakang destinasi yang dikunjungi.

  1. Motif Pekalongan

Selain batik dari Solo, daerah penghasil batik lainnya adalah Pekalongan. Batik dari Pekalongan sebagian besar berwarna cerah karena warna-warna yang digunakan, misalnya merah, hijau, biru, dan sebagainya. Ciri lain batik Pekalongan adalah penggunaan ragam hias yang berbentuk nyata, seperti tumbuhan.

Motif Jlamprang yang banyak diproduksi di Krapyak, Pakalongan bisa menjadi pilihan untuk Anda gunakan saat liburan. Ciri khas motif ini terletak pada ragam hias yang menampilkan konsistensi dengan warna-warna beragam. Salah satu versi mengatakan bahwa motif ini adalah hasil dari kebudayaan islam sehingga yang muncul adalah bentuk-bentuk geometris namun memiliki makna dalam yakni hidup rukun.

Mengenakan batik berwarna cerah ini bisa mendukung penampilan Anda ketika berlibur di lokasi yang bernuansa alami.

  1. Motif Cirebon

Apakah Anda senang dengan warna biru? Pilihlah batik yang berasal dari Cirebon. Sebagian batik yang dibuat oleh para perajin batik dari Cirebon berwarna biru, khususnya motif batik mega mendung. Sesuai namanya, jenis batik ini menggambarkan awan yang berwarna biru. Selain warna dan motif batik ini cantik tetapi ternyata juga memiliki filosofi hidup yang kental. Seperti awan yang muncul saat cuaca mendung, seperti itu pula lah sebaiknya manusia bersikap. Manusia yang mampu memberikan kesejukan dan mampu meredam emosi.

Nah, cobalah mengenakan batik Cirebon ketika berlibur di daerah pantai. Sangat serasi, bukan?

  1. Motif Cianjur

Motif batik Cianjur ada beberapa macam. Namun, semuanya berkaitan dengan daerah Cianjur yang dikenal memiliki lahan pertanian yang subur. Itulah sebabnya, kebanyakan motif batik Cianjur bernuansa tumbuh-tumbuhan, khususnya padi, gabah, atau bunga padi. Selain itu, jenis batik dari Cianjur juga bernuansa kesenian yang kental, misalnya dengan ornamen suling atau pencak silat. Nah, Anda dapat mengenakan batik bermotif Cianjur ketika mengunjungi sebuah acara bertema kesenian daerah.

  1. Motif Demak

Demak dikenal sebagai wilayah religius sekaligus wilayah pesisir. Ya, pada zaman dahulu, kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa bisa ditemukan di Demak. Oleh karena itu, batik yang berasal dari Demak adalah perpaduan dari kebudayaan pesisiran yang religius. Misalnya, penggunaan ornamen Masjid Agung Demak, gambar petir, burung phoenix, dan sebagainya. Batik ini cocok dikenakan saat Anda berwisata ke destinasi yang bernuansa religius pula.

 

Baca juga7 DESTINASI WISATA KOPI DI INDONESIA

 

  1. Motif Betawi

Motif batik dari Betawi tampak seperti sebuah kisah. Adanya ornamen berupa ondel-ondel semakin mempertegas penampilan batik yang satu ini. Selain itu, batik Betawi juga menggambarkan sebuah pemandangan dari jarak pandang yang jauh. Batik unik ini bisa dikenakan sebagai atasan atau bawahan pada pakaian. Dengan kostum ini, Anda akan semakin percaya diri mengunjungi lokasi-lokasi bersejarah yang telah dipugar menjadi lebih modern.

  1. Motif Madura

Jenis batik yang terbilang agak berani adalah batik dari Madura, baik dari segi penggunaan warna maupun ornamen yang menghiasi kain batik. Ornamen-ornamen tersebut biasanya berukuran besar sehingga sangat kentara ditambah dengan variasi warna yang bermacam-macam. Batik Madura bisa dikenakan untuk membuat penampilan Anda lebih cantik dan maksimal ketika berlibur sambil berwisata kuliner.

  1. Motif Yogyakarta

Jika Anda sedang berlibur ke Yogyakarta, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi destinasi wisata Kraton dan sekitarnya. Arsitektur bersejarah berpadu dengan budaya Jawa yang kental membuat acara wisata ke Yogyakarta akan semakin menarik dan tidak biasa. Agar penampilan Anda pun tidak biasa, kenakan motif batik asal Yogyakarta bernuansa cokelat hingga hitam ini. Dijamin, Anda akan terlihat semakin anggun.

Sekar Jagad adalah motif yang kami rekomendasikan buat Anda. Sekar Jagad memiliki arti cantik, sehingga membuat aura Anda terlihat semakin mempesona ketika memakainya. Selain itu, Kar Jagad juga berarti peta dunia, sangat sesuai bukan, dengan hobi jalan-jalan Anda.

  1. Motif Lamongan

Nuansa batik Lamongan adalah cerah dengan dasar yang gelap. Karena itu, batik ini terlihat lebih dewasa dan resmi. Kenakan batik Lamongan ketika menghadiri pagelaran-pagelaran yang berkonsep formal karena Anda akan terlihat lebih menarik.

  1. Motif Semarang

Batik dari Semarang bisa dikenakan sebagai bawahan batik tanpa jahitan. Misalnya, batik dengan motif samudra naga. Batik ini menampilkan karakter samudera dan naga dalam satu kesatuan yang menarik. Anda akan tampak anggun sekaligus modern.

Demikian 10 motif batik dari berbagai daerah di Indonesia yang pas digunakan pada saat liburan. Nah, bagi Anda yang bukan sekadar tertarik berwisata, tetapi juga ingin menghasilkan keuntungan dari aktivitas ini, ada kabar baik. Anda kini dapat mengelola paket tur dengan bergabung di AeroTicket. Ini adalah bisnis keagenan tiket yang melayani pembelian tiket pesawat, reserasi hotel, paket tur, dan sebagainya dengan mudah, fleksibel, lengkap, sekaligus menguntungkan.

Jadi, selain dapat merelakskan tubuh dan pikiran dengan berwisata, Anda pun akan mendapatkan penghasilan.