Tiket mudik sudah ada di tangan Anda? Wah, selamat! Terkecuali agen tiket, selembar kertas atau kode pemesanan tersebut sungguh sangat sulit untuk diperoleh menjelang lebaran dan hari-hari besar lainnya.

Oleh karena itu, ketika sudah berhasil mendapatkan tiket mudik, sangat pantas bagi Anda untuk mulai berkemas-kemas mempersiapkan perjalanan pulang ke  kampung halaman. Selanjutnya, sebelum meninggalkan rumah yang sehari-hari Anda tinggali, pastikan Anda telah melakukan 7 tips berikut ini.

  1. Masukkan Semua Kendaraan ke Dalam Rumah dan Kunci Dengan Pengamanan Berlapis

Apabila hendak meninggalkan motor atau sepeda di rumah ketika mudik, pastikan Anda telah memasukkannya ke dalam rumah. Adapun, untuk mobil, pastikan mobil tersimpan dengan baik di dalam garasi yang terkunci. Selanjutnya, pasanglah kunci pengaman yang berlapis.

Untuk sepeda, Anda bisa menambahkan rantai baja dan mengikatkan sepeda pada tiang yang kokoh.  Anda juga bisa memasang kunci cakram pada roda sepeda motor dan memasang kunci tambahan pada setir mobil.

Jika memungkinkan, tambahkanlah pengaman lain yang dapat lebih menenangkan hati. Jika perlu, titipkanlah kendaraan kepada orang yang Anda percayai, seperti tetangga atau kerabat yang tidak mudik.

  1. Sembunyikan Barang-Barang Berharga di Tempat yang Tidak Terduga

Barang berharga seperti uang tunai, perhiasan, peralatan elektronik, hingga emas tentu tidak selalu bisa dibawa selama mudik. Sebagian di antaranya harus Anda tinggalkan di rumah. Untuk itu, ada baiknya bagi Anda untuk semampu mungkin menyimpan barang-barang tersebut di tempat yang tidak terduga. Dengan demikian,  ‘tamu tak diundang’ juga diharapkan tidak dapat menyangka tempat persembunyian benda-benda berharga tersebut. Anda pun dapat mudik dengan perasaan yang lebih tenang.

  1. Tutup serta Kunci Semua Pintu dan Jendela

Sebelum benar-benar meninggalkan rumah, pastikan semua kunci dan jendela telah ditutup dan dikunci dengan baik. Jika perlu, beri kunci tambahan seperti gerendel atau gembok. Selain itu, sebaiknya, beri terali pada seluruh jendela rumah. Apabila jendela masih belum memiliki terali, letakkan barang-barang yang dapat menghalangi jendela dan menghambat kemungkinan seseorang masuk melalui jendela.

  1. Buat Rumah Seolah-Olah Tidak Kosong

Inilah trik penting yang harus Anda pikirkan, yaitu membuat suasana seolah-olah rumah tetap berpenghuni. Banyak cara yang bisa Anda lakukan, misalnya dengan memasang sakelar lampu otomatis untuk lampu teras dan lampu-lampu tertentu.

Anda juga memasang pewaktu otomatis untuk alat-alat elektronik tertentu (seperti radio, televisi, dan sebagainya) sehinggga alat-alat tersebut dapat menyala dan mati pada waktu-waktu tertentu.

  1. Tutup Semua Celah Berbahaya

Berupayalah semaksimal mungkin untuk menutup semua celah yang berpotensi sebagai jalan masuk berbagai hal yang tidak Anda inginkan. Tutup saluran-saluran pembuangan, beri zat pengaman di bawah celah pintu, dan jangan tinggalkan makanan di luar kulkas untuk mencegah datangnya binatang-binatang yang mengganggu kenyamanan Anda.

  1. Berpamitan kepada Tetangga

Bagaimana pun, tetangga adalah orang-orang yang paling dekat dengan Anda dalam kehidupan sehari-hari. Sudah selayaknya bagi Anda untuk memperlakukan mereka dengan sebaik-baiknya, penuh adab, dan tidak mengganggu mereka. Di antara hal yang bisa Anda lakukan, berpamitanlah kepada tetangga ketika akan meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama.

Selain menjadi bentuk adab dalam bertetangga, Anda juga dapat berpesan kepada tetangga untuk turut mengamat-amati rumah selama ditinggal mudik. Anda juga bisa berpamitan dengan ketua RT ataupun petugas keamanan setempat sehingga mereka dapat turut menjaga keamanan rumah Anda.

  1. Jangan Sembarangan Menceritakan Kepergian Anda di Dunia Maya

Ingatlah bahwa kejahatan muncul bukan hanya karena niat jahat pelakunya, tetapi juga karena ada kesempatan. Tutuplah segala hal yang berpotensi memunculkan niat jahat terhadap rumah Anda. Salah satunya, jangan pernah mengumbar kepergian Anda di dunia maya. Mengabarkan kosongnya rumah Anda di jagad internet sama halnya dengan mengundang orang-orang yang berkepentingan terhadap rumah kosong.

Hentikanlah kebiasaan menampilkan setiap data pribadi Anda di dunia maya, termasuk kabar kepergian Anda dari rumah, foto-foto pribadi,  nomor-nomor penting, dan sebagainya. Sudah tak terhitung kejahatan yang terjadi akibat kebiasaan mengunggah hal-hal yang bersifat pribadi ini.

Ada baiknya, sebelum mengunggah sesuatu di dunia maya, pikirkanlah terlebih dahulu manfaat unggahan Anda. Jika informasi Anda tidaklah bermanfaat bagi netizen, tahanlah informasi tersebut untuk diri Anda saja.

Itulah 7 tips meninggalkan rumah saat mudik yang bisa Anda terapkan. Dengannya, semoga rumah Anda senantiasa aman dan terhindar dari berbagai rencana jahat.

Selanjutnya, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membelikan oleh-oleh bagi para tetangga dan orang-orang lain yang telah Anda titipi untuk menjaga rumah. Setidaknya, Anda bisa membelikan pulsa untuk mempermudah komunikasi mereka dengan Anda. Jika Anda seorang agen tiket, Anda pun bisa menjanjikan pemesanan tiket pada hari-hari tertentu. Seru, kan?

Untuk menjadi seorang agen pulsa dan tiket pesawat, sistem keagenan AeroTicket menawarkan sistem yang mudah, fleksibel, lengkap, dan menguntungkan. Bukan hanya pulsa dan tiket pesawat, agen AeroTicket juga dapat menjual tiket kereta api, token listrik, jasa pembayaran iuran BPJS, dan sebagainya. Seorang agen pun dapat memilih paket keagenan yang dapat disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Anda dapat memilih paket personal, korporat, ataupun cabang.  Pilihlah berdasarkan modal yang ingin Anda investasikan atau model bisnis yang sudah Anda jalankan. Dengannya, Anda bisa menjalankan sistem dengan ataupun tanpa badan hukum, bisnis rumahan ataupun berbentuk CV/PT.  Setiap agen juga akan memperoleh aplikasi yang mudah digunakan.