Saat bulan Ramadhan tiba, masyarakat di Indonesia tidak hanya akan menjalankan ibadah puasa saja. Banyak juga dari mereka yang melakukan wisata religi dengan mengunjungi masjid, makam ulama, dan beberapa destinasi menarik lainnya.

Kalau Anda ingin melakukan wisata religi juga saat puasa agar ibadah bisa berjalan lebih menyenangkan, simak beberapa rekomendasinya berikut ini.

Rekomendasi Tempat Wisata Religi

1. Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya

Saat menjelajahi Surabaya, Anda bisa datang ke Masjid Muhammad Cheng Ho yang desain bangunannya sangat unik. Berbeda dengan masjid pada umumnya, tempat ini memiliki desain khas Tiongkok yang kental. Sekilas, masjid yang terletak di Jalan Gading No. 2, Genteng, Kota Surabaya ini mirip kelenteng atau tempat peribadatan umat Konghuchu.

Masjid yang banyak dikunjungi oleh peziarah ini dibangun untuk menghormati Laksamana Cheng Ho. Beliau adalah salah satu panglima dari Kerajaan Tiongkok yang beragama Islam dan menjalin hubungan persaudaraan dengan Indonesia. Persahabatan ini membuat hubungan kerajaan nusantara dengan Tiongkok membaik di masa lalu dan terus berjalan hingga sekarang.

2. Makan Sunan Ampel

Makam Sunan Ampel terletak di Jalan Pertukangan I, Semampir, Kota Surabaya. Di tempat ini, Anda bisa berziarah ke makam salah satu Walisongo yang menyebarkan Islam di Pulau Jawa setelah Kerajaan Majapahit runtuh. Anda bisa membacakan doa untuk Sunan Ampel sembari menenangkan diri di kawasan yang sakral ini.

Setelah mengunjungi makam dari Sunan Ampel, Anda bisa melakukan perjalanan menyenangkan di sekitar lokasi. Ada banyak pedagang yang menjajakan oleh-oleh berupa pakaian muslim, aneka kurma yang diimpor langsung dari Timur Tengah, kacang, hingga aneka manisan anggur dengan harga cukup terjangkau.

3. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal adalah ikon dari Jakarta yang tidak bisa dilewatkan saat bulan Ramadhan tiba. Anda bisa datang ke sini kapan saja untuk melakukan ibadah, mengikuti pengajian, hingga menikmati kemegahan dari masjid terbesar di Asia Tenggara ini. Memiliki luas 93.000 meter persegi, Masjid Istiqlal muat menampung hingga 200.000 jemaah dalam sekali waktu.

Masjid Istiqlal dibangun pertama kali pada era Presiden Soekarno. Beliau meminta Frederich Silaban merancang tempat ibadah yang besar dan modern. Akhirnya, terbentuklah masjid yang tembok dan juga lantainya terbuat dari marmer, dan hampir semua bangunannya berkonsep geometri. Interior dan eksterior di dalam masjid ini juga terbuat dari baja antikarat.

Bangunan utama dari Masjid Istiqlal memiliki kubah dengan diameter 45 meter dan ditopang 12 tiang. Masjid juga memiliki menara tunggal dengan tinggi 96,66 meter yang berada di bagian selatan.

4. Masjid Kauman Yogyakarta

Selain mengunjungi Keraton Yogyakarta, Anda wajib datang ke Masjid Kauman yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Sebagai kerajaan Islam, masjid menjadi bangunan yang penting untuk menyampaikan syiar. Kala itu warga belum memeluk agama karena masih memercayai animisme dan dinamisme.

Masjid Kauman Yogyakarta berdiri di alun-alun bagian utara. Sejak ratusan tahun yang lalu, bangunan ini terus dijaga keasliannya dengan ornamen klasik pada interior dan eksteriornya. Saat berwisata ke Yogyakarta, sempatkan untuk melihat keindahan bangunan masjid dan melakukan ibadah di sini terutama saat bulan Ramadhan tiba.

5. Pusdai Kota Bandung

Pusdai atau Pusat Dakwah Islam adalah tempat yang cocok untuk wisata religi. Dibangun pada tahun 1978, pusat dakwah ini menjadi lokasi serbaguna untuk keperluan kegiatan Islam. Luas kawasan ini mencapai 4,5 hektare dan memiliki masjid dengan kapasitas jemaah mencapai 4.600 orang.

Pusat dakwah ini memiliki ruang seminar yang besar dan bisa diisi hingga 100 orang. Selain terdapat aneka ruangan serbaguna lainnya, berdiri pula Gedung Bale Asri yang bisa menampung 2.000 orang. Setiap hari selalu ada kajian Islam di sini, sehingga Anda akan betah berlama-lama di sini dari pagi hingga petang.

Peluang Bisnis Online Travel yang Menguntungkan

Dari uraian tempat wisata di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa wisata religi itu selalu ramai dikunjungi banyak orang.  Anda bisa menangkap peluang ini sebagai ladang bisnis. Salah satunya dengan menyediakan jasa travel.

Anda bisa menjalin kerja sama keagenan dengan AeroTicket yang telah menjalankan bisnisnya sejak tahun 2011 silam. Melalui keagenan tersebut, Anda bisa menjual aneka tiket pesawat, tiket kereta api, melakukan pemesanan kamar hotel, hingga menjual paket tur. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melayani pembayaran BPJS, token listrik, hingga menyediakan voucer pulsa dan game online.

Bisnis Online dengan AeroTicket sangat mudah, fleksibel, lengkap, dan tentu saja menguntungkan. Anda tidak perlu memiliki bangunan atau pegawai saat menjual tiket. Cukup bermodal ponsel, Anda bisa berjualan aneka produk dengan mudah. Setiap produk yang Anda jual menawarkan komisi, bahkan Anda bisa menambahkan sendiri margin keuntungannya.

Anda bisa menawarkan aneka paket tur yang tersedia. Dengan sedikit kreativitas, Anda juga bisa membuat paket perjalanan sesuai dengan keinginan pelanggan. Dengan hanya menggunakan aplikasi ponsel, AeroTicket memberikan banyak kemudahan sehingga peluang membuka usaha tour travel bisa berjalan dengan lancar.

 

Demikian sedikit uraian tentang tempat wisata religi di Indonesia. Semoga uraian di atas bisa Anda gunakan untuk rekomendasi saat melancong. Jika Anda menyukai wisata kuliner, baca juga Lokasi asyik berburu kuliner puasa.