Banyak cara yang bisa ditempuh dalam memilih destinasi wisata. Anda bisa memutuskannya semudah memutar bola globe kemudian menunjuknya dengan mata tertutup atau bisa juga dengan cara yang paling sistematis seperti melakukan riset dari data yang bisa didapatkan dari berbagai panduan wisata. Di awal tahun ini, jika Anda ingin mencoba sebuah cara yang terbilang unik yang mungkin akan sesuai dengan karakter diri, mungkin Anda tertarik untuk memilih destinasi wisata berdasarkan zodiak.

 

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang tipe penyendiri, ada pula yang senang keriuhan. Ada yang lebih senang saat berwisata dengan itinerary yang tersusun rapi, ada pula tipe spontan yang menyukai tiap kejutan yang ditemukan di perjalanan. Bayangkan jika Anda adalah seorang Leo yang begitu energik kemudian harus berada dalam sebuah plesiran bersama si Aquarius yang menyenangi kesendirian. Atau seorang Virgo yang memiliki travel itinerary yang sudah “terjadwal” harus berhadapan dengan Gemini yang spontan sehingga dapat sewaktu-waktu mengubah jadwal sesuai situasi dan kondisi.

 

Melalui artikel ini, kami akan mengupas karakter traveller lewat pendekatan astrologi. Meskipun tidak terlalu peduli dengan zodiak, Anda tetap bisa menemukan beberapa ide dari tempat-tempat menarik yang mungkin akan berguna untuk petualangan mengasyikkan di awal tahun 2017.

Capricorn (22 Desember – 19 Januari)

shutterstock_73724641

Capricorn senang merencanakan perjalanan jauh-jauh hari sebelumnya. Capricorn bukanlah risk taker. Mereka harus tahu di mana harus bermukim dan apa yang harus dilakukan dalam keadaan tak terduga. Tidak mengetahui rincian dari tiap perjalanan adalah mimpi buruk bagi Capricorn. Mereka tidak masalah dengan mengikuti liburan ala biro usaha jasa travel. Lebih dari itu, Capricorn senang berada di tengah orang-orang yang membuatnya nyaman, termasuk saat liburan. Capricorn tidak terlalu menggemari solo travelling, mereka justru akan melihat momen ini sebagai kesempatan untuk quality time bersama orang-orang terdekat.

 

Destinasi ideal: Wisata kapal pesiar di gugusan kepulauan Nusa Tenggara atau merencanakan wisata keluarga untuk menikmati sejuknya daerah Hokkaido, di Jepang dapat menjadi pilihan ideal bagi para Capricorn.

 

Aquarius (20 Januari – 18 Februari)

shutterstock_506492173

Independen dan menyukai kesendirian, itulah Aquarius. Orang-orang di bawah naungan rasi bintang Aquarius dikenal dengan kemandiriannya dalam berbagai aspek kehidupan, bahkan aspek liburan. Itu artinya, mengulang berkali-kali pantai atau kota yang sama bukanlah hal yang membosankan bagi Aquarian, selama itu membuat mereka nyaman.

 

Destinasi ideal: Bagi Aquarian yang ingin mencoba memperpanjang jejak langkahnya dapat mencoba pengalaman berendam di berbagai jenis onsen yang ada di seluruh Jepang. Tur sejarah di Ullen Sentalu, Yogyakarta atau Vietnam juga dapat menjadi alternatif yang ideal bagi Aquarius.

 

Pisces (19 Februari – 20 Maret)

shutterstock_250381006

Pisces menyukai destinasi yang dapat menstimulasi sisi imajinatif mereka. Terlena dalam keindahan alam yang terisolasi membuat mereka jauh dari segala hal kecuali imajinasi mereka adalah definisi liburan yang ideal. Pisces akan memilih lokasi yang memiliki keindahan alam diikuti dengan bumbu kekayaan budaya sekitar yang dapat memuaskan intelektual mereka. Bukanlah pilihan yang tepat untuk membiarkan Pisces terlalu terpaku kepada itinerary yang padat.

 

Destinasi Ideal: Mencoba mengikuti berbagai kelas yoga dan meditasi di tengah sejuknya alam Ubud, atau kenapa tidak sekalian saja ambil libur panjang ke kota New Delhi di India? Tenangnya daerah peternakan berbukit-bukit berselimut rerumputan hijau di Selandia Baru sepertinya dapat menjadi rujukan yang pas bagi zodiak berlambang ikan ini.

 

Aries (21 Maret – 19 April)

shutterstock_360405197

Si energik Aries akan selalu mencari tempat baru yang dapat memuaskan rasa penasarannya. Mereka bukanlah tipe yang senang berdiam diri terlalu lama di satu tempat dengan kegiatan yang repetitif. Begitu pula dengan aktivitas selama berpelesir. Seorang Aries tidak akan ragu mencoba kegiatan baru yang memacu adrenalin. Idealnya setiap perjalanan yang dilalui harus sarat akan pengalaman baru yang layak diceritakan ke banyak orang.

 

Destinasi Ideal: Menelusuri daerah perbatasan Korea Selatan dan Utara yang sarat akan nilai historik, mendaki pegunungan Himalaya kemudian menyatu bersama masyarakat Nepal, atau diving bersama hiu paus di Berau, Kalimantan Timur.

 

Taurus (20 April – 20 Mei)

ID : 527656480

Taurus adalah salah satu zodiak yang paling fleksibel dalam hal berwisata. Kota atau daerah pedalaman, solo atau group travelling, with budget atau with unlimited budget, Taurus dapat menyesuaikannya dengan baik. Namun sebagai comfort seeker, Taurus akan lebih fokus kepada waktu dan tempat yang membuat mereka nyaman. Mereka tidak masalah dengan tempat yang repetitif karena hal tersebut akan membangkitkan unsur nostalgia. Taurus juga tipe yang melakukan riset mendalam sebelum berwisata, jangan heran jika mereka selalu punya rencana cadangan dalam setiap pelesirannya.

 

Destinasi Ideal: Menikmati serunya wisata kuliner di daerah Surabaya dan Bukittinggi, menelusuri seluk beluk Angkor Wat atau jalan-jalan ber-conblock di Amsterdam sambil mengayuh sepeda. Taurus juga menyukai keindahan alam, glamping di Sukabumi atau meniti keindahan Ranu Kumbolo hingga ke puncak Mahameru akan membuat mereka bersemangat.

 

Gemini (21 Mei  – 20 Juni)

shutterstock_446590879

Spontan adalah kata yang pantas untuk mendeskripsikan Gemini saat berwisata. Gemini bisa saja menyusun itinerary yang terstruktur, namun jangan lupa tinggalkan ruang untuk berimprovisasi karena Gemini tidak suka telalu berpacu kepada rencana yang kaku. Gemini menyukai hingar bingar kota besar. Mereka senang hidup di sana dan bermain dengan berbagai hal menarik di dalamnya. Solo traveling bukan masalah besar bagi Gemini, namun jika mereka bisa melakukannya secara berkelompok, kenapa tidak.

 

Destinasi Ideal: Gemini selalu bergerak, mereka tidak berdiam diri terlalu lama di satu tempat saja. Rencanakan rangkaian city tour yang mengasyikkan, misalnya dengan mengkombinasikan tur antar museum, tur berkeliling kota dengan transportasi umum yang tersedia kemudian disambung dengan wisata kuliner ke berbagai kafe dan restoran kenamaan. Gemerlap kota besar seperti Singapura, Tokyo, atau Bangkok agaknya akan pas bagi Gemini.

 

Cancer (21 Juni – 22 Juli)

shutterstock_432833230

Seorang repeater traveller seperti Cancer menyukai unsur nostalgia dari tempat yang mereka datangi. Kepribadiannya yang sentimental membuat Cancer senang meresapi setiap kenangan dari hal-hal yang mereka lakukan saat berwisata. Tidak mudah membawa Cancer keluar dari zona nyamannya, termasuk saat sedang berwisata.

 

Destinasi Ideal: Menghabiskan seminggu penuh kualitas di Ubud atau Yogyakarta merupakan tipe liburan yang ideal bagi Cancer. Sebagai zodiak yang bernaung di bawah elemen air, Cancer juga menyukai destinasi yang dekat dengan sumber air, seperti laut, danau, atau air terjun.

 

Leo (23 Juli – 22 Agustus)

shutterstock_114479500

Mayoritas Leo terlahir sebagai pribadi energik dan charming. Mereka senang berada di tengah keramaian dan menjadi pusat perhatian, bahkan saat sedang liburan. Leo tidak akan menolak dengan segala unsur kemewahan dalam waktu pelesirnya. Mereka menyukai hotel berbintang, makan di restoran-restoran ternama setempat, atau mengunjungi tempat atraksi paling meriah –tentunya dengan kamera yang selalu siap mengabadikan tiap momen istimewa yang berlangsung.

 

Destinasi Ideal: Ajak Leo menikmati glamornya kehidupan kota. Ajak mereka ke tempat paling terkenal yang layak diabadikan dan dibagikan ke teman-temannya. Sebut saja seperti Macau, Shanghai, atau modisnya kota Paris di kala siang dan malam hari.  

 

Virgo (23 Agustus – 22 September)

shutterstock_127032455

Selalu merujuk ke rencana awal. Virgo ingin segalanya menjadi  seperti yang sudah direncanakan sejak awal. Bagi si perfeksionis Virgo, memastikan semua hal sesuai seperti ekspektasinya adalah penting. Travel itinerary buatan Virgo adalah yang paling terperinci, mereka akan memesan tiket pesawat dari agen pesawat online jauh-jauh hari, Google Maps mereka akan penuh dengan penanda dari destinasi yang ingin dikunjungi, isi kopernya adalah yang paling rapi dan lengkap di antara zodiak lainnya. Ada baiknya membiarkan Virgo merencanakan liburan sedetail mungkin daripada menemukannya gusar akibat perencanaan liburan yang kurang matang (menurut standarnya sendiri, tentunya).

 

Destinasi Ideal: Virgo menyukai tempat-tempat yang menyuguhkan kekayaan budaya yang menarik untuk dipelajari. Berkunjung ke kota-kota eksotis di Maroko atau Portugal akan memuaskan rasa keingintahuannya yang besar.

 

Libra (23 September – 22 Oktober)

ID : 449967295

Sangat menyenangkan untuk mengajak Libra liburan dalam sebuah kelompok karena mereka sangat fleksibel dan akan menikmati segala hal yang tersaji di depan matanya. Seorang Libra dapat memutuskan ke mana saja mereka akan mejejakkan kakinya di saat-saat terakhir tanpa merasa cemas sama sekali.

 

Destinasi Ideal: Bagi seorang Libra yang tenang dan romantis, akan sangat ideal untuk mengajaknya berdiam diri di suatu tempat yang menenangkan dalam jangka waktu cukup panjang sehingga ia dapat menyerap keintiman yang ada di dalamnya. Libra dapat beradaptasi dengan segala macam tempat, namun menyewa sebuah cottage di daerah pegunungan atau bermukim di daerah Maumere dapat menjadi liburan yang cocok bagi Libra untuk mengeksplor dirinya. Biarkan imajinasi membawa Libra ke mana ia ingin pergi sesuai dengan mood-nya.

 

Scorpio (23 Oktober – 21 November)

shutterstock_540859681

Scorpio adalah pecinta alam ulung. Mereka menghormati setiap keindahan yang terbentang di alam raya dan ingin menyatu bersamanya. Mereka tidak akan segan untuk mengemas barangnya, masuk ke dalam hutan, menapaki pegunungan, mencari pulau-pulau terpencil yang jauh dari peradaban untuk menikmati waktu berkualitas bersama alam.

 

Destinasi Ideal: Puncak gunung dengan segala tantangan dan keindahannya akan menjadi daya tarik yang sulit ditolak oleh Scorpio. Bisa pula mengkombinasikan alam dengan unsur modern, misalnya dengan menyewa sebuah villa di sekitar taman nasional. Bermukim di hotel yang terletak di samping danau juga dapat menjadi alternatif yang baik.

Sagitarius (22 November – 21 Desember)

shutterstock_394016401

Selalu dipenuhi rasa penasaran dan tak kenal lelah. Sagitarius akan menyelami tiap unsur yang ada di suatu tempat dan menguliknya hingga lapisan terdalam. Sagitarius memiliki semangat yang tinggi saat menemukan tempat baru, namun cepat pula bara itu padam saat semua hal habis ia kuliti dalam waktu yang terbilang singkat. Bagi Sagitarius, berkunjung ke daerah yang belum terlalu terjamah adalah kebanggaan tersendiri karena hal ini akan membuat mereka terkesan sebagai  “penjelajah pertama” daerah tersebut.

Destinasi Ideal: Tipikal Sagitarius akan menikmati tempat-tempat terpencil yang jauh dari keramaian seperti pulau-pulau kecil di daerah Padang, Sumatra Barat. Petualangan penuh adrenalin seperti skydiving, bungee jumping juga akan menyulut semangat Sagitarian dengan begitu cepat.