Salah satu keasyikan bulan Ramadhan adalah ngabuburit. Sambil menunggu waktu berbuka, Anda bisa berkeliling desa atau kota untuk bersenang-senang atau mengunjungi pasar takjil. Di tempat ini, Anda bisa membeli aneka kuliner yang nikmat, unik, dan hanya muncul saat puasa tiba.

Nah, kalau Anda ingin berburu kuliner untuk berbuka puasa, tapi tidak tahu di mana lokasi yang menarik, berikut beberapa rekomendasinya.

 

 

1. Pasar Takjil Suhat, Malang

Sebagai pionir kota kuliner di kawasan Jawa Timur, Malang selalu menghadirkan pasar takjil terbesar dengan pilihan makanan yang banyak. Kalau Anda sedang berada di Malang dan ingin mencari aneka makanan berbuka puasa yang khas serta jalan-jalan di kawasan Jalan Soekarno-Hatta, datanglah ke pasar takjil ini.

Setiap hari menjelang berbuka puasa akan ada puluhan pedagang menjajakan produk andalannya. Anda bisa beli untuk dibawa pulang, atau dimakan langsung di sana saat waktu berbuka tiba. Kawasan trotoar di kawasan Suhat ini diubah menjadi tempat lesehan untuk menikmati waktu berbuka puasa.

2. Pasar Takjil Benhil, Jakarta

Pasar Takjil di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta, selalu menjadi pilihan warga untuk berburu kuliner jelang berbuka. Setiap tahun ada ratusan pedagang yang memadati jalanan sejauh 200 meter. Ada ribuan orang datang silih berganti untuk berbelanja aneka kuliner khas Betawi yang cocok dijadikan takjil atau menu berbuka puasa.

Pasar Takjil Benhil dikenal kerap macet setiap tahunnya. Banyaknya orang yang datang tidak sebanding dengan lahan parkir yang ada. Pemerintah kota sedang mengusahakan lahan parkir luas agar kenyamanan para pemburu kuliner tetap terjaga dan arus perekonomian warga bisa berjalan dengan lancar.

3. Pasar Takjil Kauman, Yogyakarta

Berbeda dengan kawasan pasar takjil lain yang memiliki ruas jalan lebar, di kawasan Kauman, Yogyakarta, jalanan yang digunakan sebagai pasar hanya memiliki lebar 2 meter. Tidak pelak, pasar legendaris yang muncul saat Ramadhan ini dinamai pasar senggol karena orang-orang yang berbelanja akan bersenggolan satu sama lain.

Pasar takjil Kauman buka mulai dari pukul 15.30 dan tutup setelah berbuka puasa. Di tempat ini, Anda bisa membeli aneka makanan manis seperti es hingga lauk yang cocok untuk berbuka. Harga makanan di sini cukup murah sehingga setiap tahun selalu dibanjiri pengunjung yang ingin memburu aneka kuliner.

4. Pasar Takjil Sunan Ampel, Surabaya

Kawasan Sunan Ampel adalah lokasi wisata religi yang selalu dikunjungi ribuan orang setiap harinya. Pada bulan Ramadhan, ada puluhan orang berjualan kuliner khas Surabaya dan peranakan Arab yang cocok untuk menu berbuka puasa.

Selain menjual aneka makanan yang laris manis diserbu oleh para pembeli, pasar takjil Sunan Ampel juga menjual aneka kurma. Ada puluhan jenis kurma dijual di sini lengkap dengan kacang, manisan anggur, dan oleh-oleh khas Timur Tengah yang susah didapatkan di daerah lain.

5. Pasar Takjil Jalan Pahlawan, Semarang

Kalau pasar takjil lain kebanyakan dikunjungi oleh pembeli yang berjalan kaki, di Jalan Pahlawan, Semarang, pembelinya membeli dengan motor atau mobil. Dengan sistem drive thru, pembeli bisa memilih aneka makanan, mulai dari es yang manis hingga lauk yang bisa disantap dengan menggunakan nasi.

Karena banyak orang membeli langsung dari kendaraannya, Anda disarankan untuk berangkat lebih awal kalau ingin berburu kuliner di sini. Alasannya sederhana saja, menghindari macet. Kalau jalanan sudah penuh sesak, Anda bisa kehilangan banyak waktu dan akhirnya berbuka di kendaraan.

6. Pasar Takjil Simpang Dago, Bandung

Setiap tahun, kawasan Simpang Dago selalu berubah menjadi pasar takjil dadakan. Puluhan orang akan menjajakan aneka kuliner manis yang cocok untuk takjil dan lauk yang cocok untuk berbuka. Anda bisa berkunjung ke sini kalau sedang berada di Bandung sembari ngabuburit.

Untuk bisa menikmati jalan-jalan membeli aneka kuliner, Anda bisa datang lebih awal. Kawasan Dago selalu macet saat sore hari sehingga berangkat agak telat bisa membuat Anda tidak bisa buka puasa tepat waktu.

 

Selamat mengisi waku ngabuburit dengan berburu kuliner berbuka puasa.