Tidak terasa, kaum muslimin akan segera berjumpa kembali dengan hari raya Idulfitri. Di Indonesia, kegembiraan hari raya ini bukan hanya dinantikan oleh umat Islam, tetapi juga oleh umat-umat agama lainnya. Pasalnya, tanpa memedulikan ras dan agama, banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan momen lebaran untuk pulang ke kampung halaman dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sanak keluarga yang masih hidup.

Migrasi massal ini pun hampir selalu menciptakan kemacetan di jalan raya. Untuk itu, pemudik harus piawai menyiasati agar dapat melakukan perjalanan mudik yang nyaman. 7 tips berikut ini juga dapat dicoba, lo!

  1. Tetapkan untuk Mudik Menggunakan Kendaraan Apa

Menentukan kendaraan yang akan digunakan untuk mudik lebaran merupakan hal yang penting. Dengan mengetahui kendaraan yang akan digunakan, Anda dapat memprediksi berbagai tantangan yang akan ditemui selama perjalanan. Waktu perjalanan juga dapat lebih terprediksi. Untuk itu, Anda dapat mempersiapkan berbagai hal yang akan membuat perjalanan mudik Anda terasa nyaman.

  1. Makanan dan Minuman untuk Menemani Perjalanan

Setelah beberapa lama berada di perjalanan, energi Anda pun mulai menurun dan perut minta untuk segera diisi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempersiapkan makanan dan minuman bekal selama perjalanan. Anda dapat membawa bekal makan besar yang bisa dinikmati ketika waktu makan tiba. Dengan demikian, Anda tidak perlu jajan di perjalanan.

Selain itu, siapkan pula camilan sebagai teman perjalanan yang cukup mengganjal jika belum ingin makan besar. Demikian juga, jika Anda membawa anak-anak selama mudik, siapkan pula makanan dan minuman yang cocok untuk dikonsumsi oleh si kecil. Dengan begitu, Anda pun tidak perlu kelabakan saat sang buah hati kelaparan di jalan.

  1. Aktivitas dan Hiburan Selama Perjalanan

Dalam pertumbuhannya, anak-anak perlu memperoleh stimulasi yang proporsional agar memiliki kemampuan-kemampuan dasar hidup yang mencukupi. Selain itu, mereka pun mudah bosan karena rentang konsentrasi yang belum terlalu panjang. Oleh karena itu, ketika mudik membawa anak-anak, siapkanlah beragam aktivitas dan hiburan yang dapat dilakukan anak-anak selama di jalan.

Kesempatan melakukan perjalanan juga bisa menjadi momen emas stimulasi yang tidak bisa dilakukan di rumah. Saat ini, sudah banyak rancangan aktivitas untuk perjalanan anak yang dapat diunduh di internet atau dibeli di berbagai toko. Jangan lupakan pula kebutuhan hiburan dan hal-hal yang dapat mengalihkan rasa bosan Anda sendiri di jalan.

  1. Beristirahat ketika Sudah Merasa Lelah

Terutama jika Anda mengendarai kendaraan Anda sendiri, beristirahatlah ketika sudah mulai merasa lelah. Pinggirkan kendaraan Anda dan berjalan-jalanlah sejenak di tepi jalan.

Banyak-banyaklah minum air putih agar konsentrasi Anda senantiasa terjaga dan terhindar dari risiko dehidrasi. Anda pun bisa tidur sejenak untuk memulihkan stamina dan memulai kembali perjalanan dengan badan yang segar.

Apabila diperlukan, Anda pun bisa menginap di tempat-tempat tertentu dan berekreasi sejenak. Dengan demikian, perjalanan mudik bukan hanya melakukan perjalanan ke kampung halaman, tetapi juga bersifat rekreasi keluarga.

  1. Beli Kebutuhan di Tempat Standar

Ketika tetap harus jajan untuk sekadar membeli makanan, minuman, atau barang-barang kebutuhan Anda yang lain, pilihlah tempat-tempat yang sudah terkenal dengan harga yang standar. Di momen mudik, Anda bisa menyampingkan rasa iba kepada warung-warung setempat terlebih dahulu, terutama yang bukan berada di pusat kota. Pasalnya, sering kali, harga yang ditawarkan oleh warung dan tempat makan setempat sangatlah tidak masuk akal.  Toko-toko waralaba ternama saat ini sudah mudah ditemukan di berbagai tempat.

  1. Berekreasi Bersama Keluarga Besar

Sembari mudik, Anda bisa berekreasi ke berbagai tempat wisata. Saat ini, sudah banyak usaha tour travel yang dapat ditemukan dengan mudah di internet. Manfaatkanlah berbagai informasi yang ditawarkan oleh tour travel dan gunakanlah untuk merencanakan perjalanan Anda bersama keluarga besar.

Anda pun bisa mengikuti paket tur yang ditawarkan  dan mengikuti rencana perjalanan yang sudah dirancang oleh pihak penyelenggara jasa perjalanan. Siapa bilang kemacetan di periode mudik akan membuat usaha tour travel tidak diminati? Tengok saja di mesin pencari, Anda akan menemukan paket-paket perjalanan Idulfitri yang bisa dinikmati bersama keluarga besar.

 

  1. Nikmati Kebersamaan dengan Keluarga

Momen mudik merupakan momen langka. Anda dapat berkumpul dalam waktu yang cukup lama dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Manfaatkanlah momen ini sebaik-baiknya dan nikmati kebersamaan Anda dengan keluarga. Lupakan sejenak rutinitas pekerjaan sehari-hari dan eratkan kembali ikatan di antara anggota keluarga.

Tradisi mudik juga bisa dimanfaatkan untuk memperkaya pengalaman dan membuka wawasan untuk mencari inspirasi berbisnis. Usaha tour travel merupakan salah satu jenis usaha yang mungkin terpikir saat Anda mudik. Usaha ini dapat mudah dimulai dengan bergabung dalam sistem keagenan AeroTicket. Selain dengan menawarkan paket-paket tur, agen AeroTicket juga dapat memasarkan produk-produk lain yang bermanfaat bagi para pemudik lebaran dan pelancong seperti tiket pesawat, tiket kereta api, dan juga pulsa.

Aplikasi yang diberikan kepada agen AeroTicket dapat digunakan dengan mudah dan dari mana saja. Agen pun tidak harus memiliki toko dan juga tidak harus sudah berbadan hukum. Sistem keagenan yang fleksibel ini memungkinkan agen dari perorangan.

Produk-produk yang dijual oleh AeroTicket pun begitu lengkap, memiliki pasar yang luas, dan tidak lekang oleh waktu. Dengan demikian, agen AeroTicket pun bebas menentukan strategi mendulang keuntungan yang sesuai: memilih produk tertentu ataupun memasarkan semuanya. Jadi, bergabung dengan sistem keagenan AeroTicket? Mudah, fleksibel, lengkap, menguntungkan.