Mengenakan hijab bagi muslimah adalah sebuah kewajiban yang harus dipatuhi. Hijab berarti segala sesuatu yang digunakan untuk menutupi hal-hal yang tidak boleh dilihat (aurat). Adapun, aurat dari  wanita adalah seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Sebagian pendapat menyatakan bahwa mayoritas daerah wajah juga termasuk bagian yang harus ditutupi.

Apapun pendapat yang dipilih, tumbuhnya kesadaran muslimah Indonesia untuk mengenakan hijab pun membuka peluang usaha online yang cukup menjanjikan bagi para produsen hijab.

Usaha untuk melakukan hal yang lebih baik tidaklah pernah lepas dari gangguan untuk menggagalkan usaha tersebut. Kesadaran muslimah Indonesia untuk berhijab pun tidak terlepas dari komentar miring. Banyak yang menganggap bahwa hijab akan menyulitkan para wanita untuk beraktivitas.

Hijab Bloger yang  Suka Traveling

Nyatanya, persangkaan di atas tidaklah beralasan. Banyak wanita berhijab yang tetap dapat melakukan aktivitas secara normal. Dalam berbagai aktivitasnya, mereka berusaha agar busana yang dikenakan tetap berada di dalam batas-batas syariat.

Hijab seorang muslimah haruslah menutup seluruh tubuh (kecuali yang tidak wajib tertutup), tidak berfungsi sebagai perhiasan, terbuat dari kain yang tebal dan tidak menerawang,  serta cukup lebar sehingga tidak menampakkan lekuk/bentuk tubuh. Selain itu, hijab seorang muslimah juga tidak boleh menyerupai pakaian laki-laki, tidak menyerupai pakaian wanita nonmuslim, dan tidak digunakan untuk menarik perhatian orang-orang.

Saking nyamannya wanita berhijab dalam melakukan berbagai aktivitas, di antara  mereka pun ada yang dikenal sebagai pencinta traveling. Sebagian di antaranya mengabadikan kisah-kisah perjalanan mereka di dalam blog.  Sebagai contoh, 2 bloger berikut ini dikenal sebagai bloger berhijab yang suka traveling.

  1. Nalia Rifika

Nalia Rifika—atau akrab dipanggil Fika—adalah desainer hijab dan pendiri merek hijab Nabilia.  Bukan hanya itu, Fika juga merupakan penggagas dari Indonesian Hijab Blogger. Melalui blognya, www.mrsdelonika.com, Fika aktif memberikan berbagai tips dan ulasan berbagai produk, kebanyakan tentang tips dan produk perawatan kulit.

Kecintaan Fika dengan dunia traveling terlihat jelas dari blog khusus yang digunakannya untuk mendokumentasikan berbagai kisah jalan-jalannya. Berkunjunglah ke blog perjalanan Fika di http://www.escapeplan.id/.

Selain kisah-kisah perjalanan, di blog tersebut, Anda juga bisa membaca berbagai tips perjalanan, ulasan hotel, rekomendasi tempat makan, hingga kisah perburuan makanan halal di berbagai negara. Jika cocok, Anda pun dapat menyontek rencana perjalanan Fika untuk liburan Anda selanjutnya.

  1. Fitri Aulia

Hijab bloger yang satu ini juga suka jalan-jalan, lo! Kunjungi saja blognya di http://kivitz.blogspot.co.id/ dan nikmati ratusan tulisan Fitri tentang traveling.  Selain berfungsi untuk mendokumentasikan aneka perjalanan Fitri, foto-foto di blog ini juga merupakan representasi produk-produk KIVITZ.

KIVITZ sendiri adalah merek bisnis online yang  dibangun Fitri untuk aneka produknya seperti jilbab, khimar, baju terusan, dan pakaian luar.  Dalam kehidupan sehari-hari, Fitri memang berprofesi sebagai perancang mode.

Bloger yang tinggal di Depok ini ingin menunjukkan bagaimana seorang muslimah dapat berpenampilan yang sesuai syariat, tetap aktif, dan juga modis. Hanya saja, di era internet seperti sekarang, Anda sebaiknya tidak latah memublikasikan foto-foto diri meskipun telah mengenakan hijab.

Pasalnya, hijab berfungsi untuk menutupi wanita dari pandangan sehingga kecantikan fisik wanita tertutupi dan tidak menarik perhatian. Jika hijab justru mempercantik fisik sehingga kecantikannya dikagumi oleh siapa pun yang melihat, hijab pun akan kehilangan makna.

Hijab Bloger dan Peluang Bisnis Online Travel

Geliat hijab bloger yang suka traveling pun turut membuka peluang  usaha online yang menjanjikan di bidang traveling. Pasalnya, segmen yang selama ini dianggap terkekang dan susah pergi ke mana-mana ternyata bisa juga melakukan traveling ke berbagai tempat idaman mereka. Tentu saja, sebagai seorang muslimah, mereka tetap harus ditemani mahram selama bepergian jauh. Terlebih, dokumentasi-dokumentasi mereka di blog dan dunia maya turut menginspirasi hijaber lainnya untuk mengikuti jejak mereka.

Bagi para pegiat bisnis online travel, kehadiran hijab bloger yang suka traveling merupakan lahan basah bagi bisnis mereka. Berikut inilah beberapa alasannya.

  1. Membuka dua segmen pasar sekaligus

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, tulisan-tulisan perjalanan dari hijab bloger—secara tidak langsung—telah membuka segmen wanita berhijab sebagai pasar baru bisnis online travel. Selanjutnya, sekali bepergian jauh, muslimah yang taat juga membuka segmen lainnya, yaitu mahram yang menemani mereka.

  1. Promosi online gratis

Ketika para hijab bloger mendokumentasikan perjalanannya di blog dan merekomendasikan berbagai penyedia jasa yang mereka gunakan, pebisnis online pun memperoleh promosi gratis yang dapat menaikkan peringkat mereka di dunia maya. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

  1. Sumber inspirasi untuk mengembangkan bisnis

Dengan berbagai ulasan yang ditulis oleh hijab bloger di blognya, para pebisnis dapat mengetahui berbagai hal yang diperlukan oleh konsumen dan—bisa saja—belum banyak tersedia di pasaran. Para pebisnis pun bisa memperoleh inspirasi dari berbagai saran yang disampaikan oleh sang bloger.

  1. Evaluasi bagi para pemilik bisnis

Terkadang, bloger menyampaikan ketidakpuasannya atas suatu produk atau layanan. Hal ini merupakan evaluasi langsung bagi para pemilik bisnis agar dapat meningkatkan kualitas produk atau layanannya.

  1. Menunjukkan besarnya peluang usaha online yang dapat tercipta

Banyak di antara bloger yang memperoleh tawaran pekerjaan atau justru memiliki produk sendiri karena aktivitasnya sebagai bloger. Hal ini tentu sangat menginspirasi dan membuka mata pengunjung akan besarnya peluang bisnis online yang dapat tercipta.

Untuk memulai bisnis online Anda, AeroTicket dapat menjadi mitra pertama Anda. Bergabung di AeroTicket akan memudahkan Anda untuk menjadi agen berbagai produk, seperti tiket kereta api, tiket pesawat, layanan pemesanan hotel, paket tur, pembelian token PLN, pembayaran BPJS, dan sebagainya. Menjadi agen di AeroTicket pun dapat menunjang kelancaran bisnis online travel yang telah Anda rintis. Anda pun bisa menjalankan bisnis ini dari mana saja, tanpa dipungut modal awal, dan tanpa target minimal penjualan.

Dengan bergabung di AeroTicket, impian menjalankan bisnis dari rumah pun dapat segera terwujud. Mudah, fleksibel, lengkap, menguntungkan.