Ramadhan tidak hanya membawa keberkahan kepada umat Islam saja. Bulan yang penuh hikmah ini juga memberikan banyak kesempatan kepada semua orang untuk berbisnis dan mendulang keuntungan sebanyak-banyaknya. Berikut beberapa bisnis yang bisa dijalankan saat Ramadhan hingga libur Lebaran tiba.

1. Bisnis Pakaian

Bisnis pakaian memang bisa dilakukan kapan saja, tetapi saat Ramadhan tiba permintaan akan jauh lebih melonjak. Penjual pakaian bisa mendapatkan untung berlipat-lipat meski hanya sebulan saja. Anda pun bisa ikut bisnis ini dan memaksimalkan keuntungan dengan memenuhi semua keinginan dari para calon pembeli.

Biasanya, pakaian yang laku saat menjelang lebaran adalah pakaian muslim. Untuk pria, aneka baju koko; kemeja; kopiah; dan sarung akan laku keras. Selanjutnya untuk wanita ada aneka kerudung, mukena, pakaian panjang, dan berbagai aksesori yang hits dan dicari oleh banyak orang. Coba jual aneka pakaian secara langsung atau online melalui media sosial.

2. Bisnis Makanan Sahur

Tidak semua orang mau memasak saat sahur. Karena terlalu malas, banyak dari masyarakat lebih memilih untuk beli di luar. Hal senada juga dialami oleh mereka yang kos, baik mahasiswa atau pegawai. Alih-alih memasak, mereka lebih memilih beli di luar karena lebih mudah dan cepat.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, Anda bisa menawarkan paket makanan sahur. Sebelum puasa atau saat puasa, tawarkan dagangan yang Anda miliki. Pilih metode jualannya, apakah secara langsung atau berbentuk delivery order. Buat menu sekreatif mungkin setiap harinya agar masyarakat kepincut dan berlangganan hingga Lebaran tiba.

3. Bisnis Makanan untuk Berbuka Puasa

Selain makanan yang dijual saat sahur, Anda juga bisa menjual aneka makanan untuk berbuka puasa. Anda bisa membuat aneka lauk yang disukai oleh calon pembeli dan menjualnya setiap sore. Biasanya akan ada pasar takjil menyewakan tempat untuk berjualan aneka makanan selama sebulan penuh.

Anda bisa memanfaatkan pasar takjil itu dengan menjual aneka lauk, mulai dari yang berkuah, tumis, hingga yang digoreng. Selanjutnya, takjil manis seperti es buah, jus, dan kue bisa juga dipajang untuk memperbesar keuntungan. Bisnis makanan buka puasa akan memberikan keuntungan maksimal meski hanya berjalan selama satu bulan saja.

4. Bisnis Kue Lebaran

Selanjutnya ada bisnis kue Lebaran yang pasti diminati oleh banyak orang. Kue Lebaran yang dijual jenisnya cukup banyak. Anda bisa menawarkan aneka kue kering, permen cokelat, keripik, jeli, kacang, dan berbagai jenis produk yang biasanya ada di meja-meja ketika lebaran.

Untuk memperbanyak keuntungan, jual produk yang diminati oleh banyak orang. Selanjutnya pilih barang berkualitas dan pilih pemasok yang memberikan harga murah. Lakukan promosi yang menarik di media sosial sejak sebelum puasa hingga menjelang lebaran. Bergabunglah ke beberapa grup kuliner untuk mendapatkan target pasar yang tepat.

5. Bisnis Penjualan Tiket Pesawat dan Kereta

 

 

Bisnis selanjutnya yang bisa dijalankan saat Ramadhan, libur Lebaran, hingga hari-hari sesudahnya adalah tiket kereta dan tiket pesawat. Zaman sekarang, Anda bisa menjual sendiri aneka jenis tiket dengan melakukan kerja sama keagenan bersama AeroTicket yang telah berdiri sejak tahun 2011 silam.

Dengan bergabung bersama AeroTicket, Anda bisa dengan mudah menjual aneka jenis tiket tanpa menggunakan komputer. Berbekal aplikasi yang ada di ponsel, Anda bisa menawarkan aneka produk menarik seperti tiket kereta, tiket pesawat, melakukan pemesanan kamar hotel, token PLN, BPJS, dan berbagai voucer untuk pulsa dan juga game online.

Dengan konsep mudah, fleksibel, lengkap, dan menguntungkan, AeroTicket akan membuat bisnis online travel berjalan dengan lancar. Anda bisa dengan mudah mendapatkan keuntungan dari berbagai transaksi yang dilakukan. Selanjutnya, penjualan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Anda bisa menjual sembari bekerja atau bahkan di dalam rumah tanpa ke mana-mana.

Saat Ramadhan tiba, Anda bisa menjual aneka tiket mudik dan juga tiket balik. Semua bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa antre. Calon pembeli cukup menghubungi Anda dan melakukan pembayaran. Dalam waktu singkat, segala transaksi bisa dilakukan plus Anda bisa menentukan sendiri harga dari produk yang dijual secara bebas.

Setelah Ramadhan usai, bisnis ini masih bisa dijalankan dengan mudah. Anda bisa melakukan promosi di media sosial dan membuat beberapa paket tur. Dengan melakukan itu, transaksi akan terus mengalir dan keuntungan yang didapatkan bisa terus bertambah. Menjalin kerja sama dengan AeroTicket adalah pilihan terbaik untuk memulai bisnis online yang mudah dan menguntungkan.

6. Oleh-Oleh

Para pemudik yang akan kembali ke kampung halamannya pasti membawa oleh-oleh dari kota tempat mereka kerja. Namun, membawa oleh-oleh kadang membuat perjalanan jadi terhambat. Selain itu, oleh-oleh yang berupa makanan bisa saja hancur dalam perjalanan karena alat transportasi yang digunakan penuh sesak.

Untuk mengatasi permasalahan oleh-oleh, Anda bisa menjual aneka oleh-oleh secara online. Tawarkan beberapa makanan atau benda khas daerah tertentu yang diminati oleh banyak orang. Dengan adanya oleh-oleh online, pemudik bisa mendapatkan barang yang langsung dikirim di rumahnya.

7. Kurma

Kurma adalah salah satu produk yang pasti laris manis saat Ramadhan dan Lebaran tiba. Anda bisa mencoba bisnis ini dengan menjual aneka jenis kurma dari berbagai negara. Penjualan bisa dilakukan secara langsung atau online. Untuk lebih menarik pembeli, Anda bisa membuat kemasan unik dengan ukuran 250 gram, 500 gram, dan 1 kilogram.

Itulah beberapa bisnis yang bisa dijalankan saat bulan Ramadhan dan libur Lebaran. Dari tujuh bisnis di atas, mana yang kira-kira cocok untuk Anda jalankan?