Bermula sebagai desa kecil di mana sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan, Labuan Bajo kini menjelma ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur dan menjadi salah satu tujuan idaman wisatawan lokal serta mancanegara.

Sebagai sebuah kota, Labuan Bajo jauh dari kesan hingar-bingar serta mungkin tidak menawarkan banyak tempat yang dapat dinikmati. Lantas, kenapa harus mendatangi Labuan Bajo? Karena kota ini merupakan pintu masuk dari berbagai macam petualangan yang menanti untuk dieksplorasi, yang akan membuat Anda terkesima. Masih belum yakin? Kalau begitu, mari simak 9 alasan yang akan membuat Anda ingin segera packing dan pergi berlibur ke Labuan Bajo.

 

Rehat Sejenak dari Kehidupan Perkotaan

Alasan pertama, tentu saja karena kita butuh rehat dari padatnya rutinitas. Hidup di wilayah perkotaan, terutama kota besar seperti Jakarta tentunya menuntut Anda untuk bergerak serba cepat. Kota yang terus hidup selama 24 jam sehari, seakan tidak menyisakan ruang untuk warganya yang hidup tanpa ambisi. Mengapa tidak rehat sejenak dari kehidupan tersebut, mengambil sedikit jarak, dan melihat kembali hal-hal yang mungkin telah terlewati di kehidupan sehari-hari?
Dengan berlibur, terutama di wilayah yang tenang seperti Labuan Bajo, selain mengendorkan urat syaraf dari segala urusan dan kesibukan, Anda pun dapat berkontemplasi dan juga mengisi kembali energi serta motivasi Anda sebelum kembali ke rutinitas. Lagipula, menikmati petualangan di alam Timur Indonesia tentunya akan sangat mengasyikkan, bukan?

 

Menghidupi Setiap Momen yang Seringkali Kita Sepelekan

Kapan terakhir kali Anda memutuskan berhenti sejenak dari rutinitas untuk melihat fenomena alam yang terjadi setiap hari — seperti saat-saat matahari terbit dan tenggelam, yang seringkali kita anggap sebuah peristiwa biasa? Karena dengan menikmati dan menghidupi setiap momen yang kita alami, kita akan lebih menghargai apa yang kita miliki.
Dalam hal ini, bepergian ke Labuan Bajo menyediakan kesempatan bagi Anda untuk menikmati setiap momen karena tiada tuntutan agar Anda terburu-buru. Saat berada di Labuan Bajo, cobalah menikmati pemandangan matahari terbit dan tenggelam serta suasana senja di antaranya. Tidak perlu pusing mencari tempat terbaik untuk menikmati momen ini, karena ada begitu banyak tempat yang bisa Anda tuju dan semuanya menyuguhkan pemandangan yang indah. Beberapa tempat untuk menikmati momen tersebut adalah Pulau Padar, Pulau Kanawa, Bukit Cinta di Labuan Bajo, atau bahkan di pelataran tempat Anda menginap.

 

Menikmati Langit Malam Berhiaskan Bintang

Sesungguhnya planet, bintang, dan konstelasi langit tidak pernah berubah. Namun, polusi cahaya di kota besar, terutama dengan banyaknya gedung pencakar langit membuat bintang-bintang bersembunyi dari pandangan. Berada di tempat yang jauh dari polusi cahaya tersebut seperti Labuan Bajo, memungkin Anda untuk melihat pesona bintang di langit malam hari dan bila beruntung, Anda mungkin dapat melihat Milky Way dengan mata telanjang.

 

Island Hopping

Faktanya, Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau. Karena itu, setelah menempuh perjalanan jauh ke Labuan Bajo, menjelajahi pulau-pulau di sekitarnya adalah hal yang harus Anda lakukan. Gugusan pulau yang tersebar di ujung timur Pulau Nusa Tenggara Timur memungkinkan Anda untuk melakukan island hopping atau berpindah-pindah dari satu pulau ke pulau lain menggunakan kapal.

Saat berada di kota Labuan Bajo, Anda akan menemukan banyak sekali operator tur ataupun perorangan yang menyediakan paket-paket perjalanan antar pulau dengan menyewa kapal biasa atau speed boat. Carilah operator yang dapat Anda percayai dan bila ingin menekan biaya, jangan lupa untuk mencari teman karena cost sharing dalam menyewa tentunya akan memperkecil ongkos yang harus Anda keluarkan.
Pulau-pulau yang umumnya dijadikan tujuan island hopping ini adalah Pulau Padar, Pulau Kelor, Pulau Kambing, Pulau Bidadari, Pulau Kanawa, Pulau Kalong, dan tentu saja Pulau Komodo (karena di mana lagi, di dunia ini, Anda dapat melihat habitat asli kadal raksasa tersebut

 

Dunia Bawah Laut yang Indah dan Terjaga

Satu lagi alasan Anda harus mengunjungi Labuan Bajo yaitu untuk menikmati keindahan bawah lautnya! Alam bawah laut Nusa Tenggara Timur ini memiliki keindahan sepadan dengan panorama di atas permukaan lautnya. Jangan lupa untuk berenang/snorkeling untuk melihat karang-karang sehat dengan warna-warni indah. Pastinya, pemandangan ini akan membuat Anda takjub namun yang tak boleh dilupakan, usahakan jangan menginjak terumbu karang atau memetiknya. Take nothing but memories, leave nothing but footprints, killed nothing but time.
Selain berenang, tentunya Labuan Bajo telah menjadi salah satu daftar tujuan wajib untuk bagi Anda yang menyukai olahraga selam. Maka dari itu, nikmatilah waktu Anda dengan beragam dive spot yang memungkinkan Anda berenang di antara Manta Ray hingga berburu foto berbagai macam nudibranch. Beberapa dive spot memiliki kondisi yang bergantung pada musim, sehingga jangan lupa untuk bertanya pada operator selam Anda terlebih dahulu.

 

Trekking/hiking

Untuk melihat panorama yang mengagumkan, tentunya butuh usaha terlebih dahulu seperti trekking ataupun hiking. Pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo dengan perbukitan dan bentang sabananya, merupakan tempat yang tepat untuk kegiatan tersebut. Beragam medan dengan tingkat kesusahan dan waktu tempuh, menjanjikan pemandangan indah saat Anda berhasil mencapai tujuan. Maka dari itu, jangan lupa mencoba trek menuju Air Terjun Cunca Wulang, Taman Nasional Loh Liang, Pulau Padar, Wae Rebo, Gunung Mbeliling, ataupun trek-trek lainnya.

Berenang di Dalam Gua Tersembunyi

Saat bepergian ke tujuan alam, mencari dan mengeksplorasi tempat beserta kegiatan unik menjadi salah satu aktivitas yang sulit dielakkan. Alasan lain Anda harus ke Labuan Bajo adalah untuk melihat sendiri Gua Rangko dan mencoba berenang di dalamnya.
Goa Rangko adalah sebuah lubang besar di kawasan bebatuan kapur yang berisikan air laut. Airnya yang jernih dengan kedalaman 4-7 meter dan beratapkan stalaktit, menyuguhkan pengalaman yang susah untuk Anda dapatkan di tempat lain. Untuk mencapainya, Anda bisa melalui jalur air dengan menyewa kapal kecil ataupun jalur darat, dengan menyewa mobil atau motor dari kota Labuan Bajo.

 

Mengenal Indonesia Lebih Baik

Indonesia memiliki bentang alam yang luas, terpecah menjadi belasan ribu pulau yang dipisahkan oleh laut. Kondisi ini tentunya membuat kita sulit untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Namun, karena itu pula lah Indonesia sangat menarik untuk dijelajahi karena budaya dan masyarakatnya yang berbeda-beda. Salah satu cara mengenal Indonesia dengan lebih baik adalah berkeliling menyusuri langsung berbagai daerah seperti Labuan Bajo. Tak hanya untuk menikmati alamnya, namun juga berinteraksi dengan masyarakatnya.

 

Garuda Flight

Alasan lain mengapa Anda harus ke Labuan Bajo adalah karena saat ini, Garuda memiliki penerbangan langsung sebanyak lima kali dalam seminggu dari Jakarta ke Labuan Bajo! Untuk ini, Anda dapat menemukan paket perjalanan menelusuri Labuan Bajo bersama kami, AeroTicket. Jika Anda telah memantapkan hati untuk mengunjungi Labuan Bajo, maka segera hubungi agen AeroTicket terdekat atau hubungi support kami di reservation[at]aeroticket.co.id dan (021) 7205788.