Apakah Anda sudah mempunyai rencana liburan di sepanjang tahun 2017? Perencanaan di awal tentunya penting sehingga Anda bisa menentukan budget dan waktu perjalanan. Jika budget traveling ke tujuan mancanegara menjadi salah satu rencana di tahun ini, maka Anda dapat memulainya dengan Singapura. Memang, Singapura dikenal sebagai salah satu negara termahal di Asia Tenggara, namun perlu diketahui pula bahwa ada banyak tujuan wisata dan kegiatan seru yang bisa dilakukan di Singapura tanpa menuntut Anda untuk mengeluarkan uang dari dompet, alias gratis. Berikut 5 kegiatan seru yang bisa Anda nikmati di Singapura.

Berburu Merlion

Mengunjungi Singapura tentu rasanya belum lengkap kalau belum berfoto dengan maskotnya, bukan? Saat berpose, jangan lupa untuk melakukan pose ikonik yaitu dengan melakukan ilusi optik, seakan2 air mancur tersebut mengarah ke mulut Anda. Setelah puas berfoto dengan patung Merlion di wilayah Merlion Park, Anda bisa berjalan-jalan di daerah Marina Bay sambil menikmati suasana tepi laut ataupun menunggu matahari terbenam, untuk melihat kemilau cahaya nan cantik dari gedung-gedung pencakar langit yang mengelilingi area ini.

Perlu Anda ketahui, selain berfoto dengan patung Merlion di sini, Anda juga dapat berburu 7 patung Merlion lainnya. Dengan ukuran beragam, patung Merlion ini tersebar di seluruh penjuru Singapura (walau total ada 8 patung Merlion, namun hanya 5 patung yang diakui oleh Singapore Tourism Board). Ada 2 patung Merlion di area Merlion Park/One Fullerton, 2 pasang patung di Ang Mo Kio, dan 1 patung di Singapore Tourism Board HQ, Mount Faber, serta Pulau Sentosa. Selamat berburu Merlion!

Cek Berbagai Festival di Singapura

Beragam festival menarik menunggu Anda, sepanjang tahun, di Singapura! Dari tahun ke tahun, Singapura menghadirkan festival musik, budaya, kesenian hingga kuliner yang menjadi tujuan wisata penduduk lokal dan wisatawan mancanegara. Sebagian besar festival ini tentunya mengharuskan Anda membeli tiket, namun tenang saja, ada juga berbagai festival gratis yang bisa Anda datangi.

Seni visual dan instalasi menjadi kegemaran Anda? Maka Anda dapat melihat Singapore Art Week dan Singapore Biennale. Ada pula Singapore Night Festival bila Anda lebih menyukai suasana malam, karena di sana akan ada pertunjukan seni instalasi cahaya dan aerial performance yang akan memanjakan indra penglihatan Anda. Untuk pecinta musik, Mosaic Music Series yang diadakan Esplanade bisa menjadi pilihan. Menghadirkan musisi terbaik dari beragam aliran musik, seri ini hadir untuk memperluas pemahaman dan apresiasi hadirinnya akan pekerjaan musisi dan karyanya.

Selain festival seni, ada beragam festival budaya menarik yang bisa dikunjungi, umumnya berdekatan dengan perayaan keagamaan atau budaya seperti festival Sungai Honbao, Chinghay Parade, Thaipusam, hingga Deepavali. Untuk info lengkap berbagai festival ini, Anda dapat melihatnya di laman resmi pariwisata Singapura.

Jalan Kaki/Hiking dikelilingi Pemandangan Hijau

Anda lebih suka berjalan kaki, melihat-lihat pemandangan hijau dibandingkan berada di pusat kota? Maka Singapura adalah surga yang tepat untuk dikunjungi! Anda dapat berjalan ke Gardens by the Bay. Walaupun pengunjung harus membayar tiket untuk masuk ke konservatorium dan treetop walkway, namun Anda tidak akan dipungut bayaran sedikit pun untuk berjalan dan menikmati suasana Outdoor Gardens di bagian Selatan.

Jangan percaya kalau ada yang bilang satu-satunya hutan di Singapura adalah hutan beton. Karena, berarti orang tersebut belum pernah mendatangi 2 tempat ini. Ingin berjalan menyusuri jembatan suspensi dikelilingi pepohonan hijau pada ketinggian kanopi hutan? Coba kunjungi Southern Ridges untuk melihat-lihat flora dan fauna sambil berjalan sejauh 10 km, mengelilingi Mount Faber Park, Telok Blangah Hill Park, HortPark, Kent Ridge Park and Labrador Nature Reserve. Untuk pilihan serupa lainnya, Anda bisa mengunjungi The MacRitchie Treetop Walk dengan panjang 250 m dengan ketinggian 25 m di atas permukaan tanah. Siapkan air minum, sunscreen dan topi agar perjalanan Anda lebih menyenangkan.

Piknik di Taman dengan Hiburan Musik dan Film

Jika Anda mengunjungi Singapura di akhir pekan, jangan lupa untuk pergi ke taman seperti Singapore Botanic Garden, East Coast Park dan Punggol Waterway Park karena ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di sana. Diantaranya adalah piknik, bermain layangan, jogging, menonton pertunjukan musik orkestra hingga menonton film. Untuk mengenalkan musik orkestra kepada masyarakat luas, Singapore Symphony Orchestra (SSO) secara rutin mengadakan konser di luar ruang. Kapan lagi menikmati alunan musik orkestra yang indah sambil bersantai di taman?

Ingin merasakan suasana menonton di luar ruang seperti di masa lalu? Movie Mob adalah sebuah inisasi untuk menghadirkan tayangan film di luar ruang berkonsep piknik serta drive in cinema – yang dapat dinikmati dari dalam mobil. Lokasi pemutaran selalu berbeda setiap minggunya. Jika tidak membawa mobil, cukup membawa alas dan radio FM, siapapun bisa menikmati suguhan film menarik yang diadakan nyaris setiap akhir pekan. Menyenangkan bukan? Karena pada umumnya kedua acara ini ramai pengunjung, jangan lupa membawa keranjang piknik serta datang lebih awal untuk mendapatkan tempat terbaik!


Bersantai di Bandara Changi

Menunggu penerbangan atau transit di bandara memang membosankan, apalagi kalau bandara tersebut minim fasilitas. Tapi itu semua tidak akan terjadi di bandara Changi. Arealnya yang sangat luas dan beragam fasilitas yang dimilikinya, siap memanjakan pelancong, bahkan membuat Anda enggan beranjak karena kenyamanannya! Butuh mengecek e-mail atau media sosial? Wifi dan komputer tersebar di penjuru bandara. Capek berjalan? Ada mesin foot massages dengan kursi nyaman yang siap memijat kaki Anda dan menghilangkan rasa lelah.

Jika Anda penikmat film, maka Anda bisa menonton pemutaran film-film box office secara non-stop (24/7) di 2 teater, yang berada di 2 terminal, yaitu T1 dan T2. Tidak cuma bioskop, ada pula Entertainment Deck yang menyediakan XBox 360 serta Playstation 3 yang bisa dimainkan secara cuma-cuma. Setelah bosan berkeliling di dalam ruang dan menginginkan udara segar, Anda bisa berjalan kaki ke Cactus Garden (T1), Sunflower Garden (T2), ataupun Orchird Garden (T2) untuk menghabiskan waktu sambil melihat taman yang cantik.

 

Apabila Anda mempunyai kurang lebih 5 jam waktu transit dan ingin melihat-lihat Singapura, Anda juga bisa melakukan city tour oleh bandara Changi yang akan membawa Anda ke pusat kota menggunakan bus, menaiki kapal, dan menyusuri sungai bersama pemandu lalu kembali ke bandara. Tentunya, gratis!
Ingin jalan-jalan seru ke Singapura? Anda bisa menikmati perjalanan dengan menghubungi agen tiket pesawat online terdekat dari AeroTicket, untuk mendapatkan harga bersahabat atau hubungi support kami di reservation [at]aeroticket.co.id atau (021) 7205788.