Saat beresolusi menjadi pribadi yang lebih baik di tahun baru, Anda harus menjabarkan dengan jelas kebaikan seperti apa yang ingin dicapai supaya nantinya lebih mudah mengambil tindakan yang konkret. Berikut ini kami akan memberikan beberapa ide baik yang bisa menjadi resolusi di tahun ini:

 

  1. Kuasai Satu Keahlian Baru

“The excitement of learning separates youth from old age. As long as you’re learning, you’re not old.” – Rosalyn S. Yalow

Kutipan di atas menegaskan betapa baiknya bagi seseorang untuk selalu mengisi hidupnya dengan mempelajari hal-hal baru. Mempelajari hal baru akan mendatangkan kebaikan bagi perkembangan personal seseorang.

  1. Monetisasi Hobi

Jika Anda memiliki hobi yang Anda suka dan Anda lihai dalam menjalankannya, kenapa tidak mencoba mengembangkannya menjadi usaha sampingan? Misalnya, bagi Anda yang hobi backpacking tentu tahu kapan waktu-waktu emas bagi maskapai penerbangan membanting harga penjualan kursinya. Anda dapat memanfaatkan momen ini sebagai ajang jualan paket wisata murah ke orang-orang paling potensial di sekitar Anda. Siapa tahu nantinya Anda dapat membuka bisnis travel sendiri secara perlahan. Tentu akan sangat menyenangkan bukan melakukan sesuatu yang Anda suka dan mendapatkan uang dari sana?

 

 

  1. Menjadi Entrepreneur

Era komunikasi yang kian maju membuka berbagai peluang baru bagi banyak orang. Zaman dahulu, pedagang harus langsung turun ke lapangan untuk menjajakan dagangannya. Sekarang para pedagang bahkan dapat menjual habis dagangannya tanpa harus keluar dari rumah. Siapa saja dapat menjadi wirausahawanversi dirinya sendiri.

Jelilah melihat kebutuhan pasar di sekitar Anda. Pelajari demand yang ada kemudian cobalah untuk memenuhi supply yang sesuai. Dengan perencanaan yang cermat serta tekad yang bulat, akan selalu ada cara untuk menjadi entrepreneur di era modern ini.

  1. Menjelajah Lebih Banyak Tempat Baru

Mengunjungi tempat-tempat baru akan membuka wawasan Anda. Saat berkunjung ke sebuah tempat yang baru, Anda akan dipaksa untuk beradaptasi dengan lingkungan, budaya, bahasa, serta sudut pandang baru. Hal ini akan membentuk pola pikir serta kepribadian menjadi lebih matang. Sudah cek kalender tahun ini, kan? Ada banyak tanggal merah yang bisa dimanfaatkan untuk melancong melihat dunia, lho.

  1. Solo Traveling

Setidaknya seseorang harus mencoba melakukan solo traveling sekali seumur hidup. Saat Anda berada di suatu tempat di Anda tidak mengenal siapa pun kecuali diri sendiri, Anda akan belajar mengenali diri sendiri secara lebih mendalam. Saat terasing seperti ini, Anda juga dipaksa untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang mana akan memperkaya teman dan pengetahuan.

  1. Mempelajari Bahasa Asing

Mempelajari bahasa artinya membantu Anda melangkah ke dalam sepatu orang yang berbeda. Saat mempelajari bahasa, secara tidak langsung Anda juga mempelajari kebiasaan, adat istiadat, pola pikir yang berbeda. Saat itu pula Anda belajar berempati dan bertoleransi.
Selain itu mempelajari bahasa asing juga berguna untuk wirausaha. Anda dapat mengomunikasikan bisnis Anda ke berbagai jenis orang di seluruh dunia. Bagi Anda yang sudah memulai usaha kecil-kecilan di rumah, bisnis online, atau apa pun, bisa juga memulai mempelajari bahasa baru dari sekarang.

  1. Menemukan Jodoh

Sebagai makhluk sosial, sudah sifat alami manusia untuk hidup mencari pasangan untuk bertahan hidup, atau juga disebut dengan mencari jodoh. Mencari jodoh yang pas bukan semata-mata yang mencari unsur kesamaan yang sesuai dengan kriteria Anda. Lebih dari itu, jodoh yang ideal adalah yang dapat diajak kerja sama dalam berbagai situasi, mendorong Anda berkembang menjadi pribadi yang lebih baik, serta mampu melengkapi ketidaksempurnaan Anda. Coba cari lebih jeli siapa gerangan yang memenuhi tiga kriteria di atas. Siapa tahu selama ini dia ada di sekitar Anda.

  1. Memperluas Network

Jika Anda selalu merasa malas untuk memperluas pergaulan, tahun ini tinggalkan rasa malas itu. Orang yang memiliki network luas akan memiliki lebih banyak peluang menjadi sukses. Memperluas network artinya membuka kesempatan untuk bertemu banyak orang yang akan menguntungkan hidup. Anda dapat bertemu sosok orang yang menjadi panutan, mempelajari karakter tiap individu yang berbeda, Anda dapat bertemu calon rekan bisnis paling potensial, dan bahkan bisa saja menemukan jodoh.

  1. Mengikuti Kegiatan Sosial Tak Berbayar

Saat Anda sukarela terjun ke dalam kegiatan sosial tanpa mengharapkan imbalan, Anda sedang belajar untuk menjadi sosok yang tulus. Secara tidak sadar, Anda juga melakukan sesuatu yang sesuai dengan passion Anda. Pilih secara cermat kegiatan apa yang paling sesuai dengan minat dan, tentunya, sesuai dengan hati Anda.

  1. Olahraga Dua Kali dalam Seminggu

Banyak manfaat yang bisa dipetik dari rutin berolahraga. Olahraga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga stabilitas mood, meningkatkan kualitas tidur, dan masih banyak manfaat lainnya. Jika Anda sudah rutin berolahraga setiap bulan, tingkatkan menjadi setiap minggu kemudian tingkatkan lagi menjadi setidaknya dua kali dalam seminggu. Hal ini akan melatih kedisplinan dan tentunya tubuh akan terasa lebih bugar dari sebelumnya.

  1. Menghabiskan Waktu Bersama Orang yang Tepat

Kata “tepat” di sini memiliki arti yang sangat luas. Apakah orang tersebut membuat Anda bahagia? Apakah ia membuat Anda terpacu untuk meraih tujuan hidup Anda? Apakah ia membuat Anda nyaman? Apakah ia mendengarkan dan menerima Anda dengan seutuhnya? Bisakah Anda berbagi bersama orang tersebut? Dan pertanyaan lain yang bisa Anda tanyakan kepada diri sendiri. Temukan orang tersebut dan jagalah ia sedekat mungkin karena orang-orang inilah yang akan membuat kehidupan terasa lebih berarti.

  1. Mengubah Gaya Penampilan

Tidak ada yang salah dengan penampilan Anda saat ini. Namun, tidak salah juga bukan untuk bereksperimen dengan gaya lain yang mungkin sebelumnya tidak pernah terpikir untuk diterapkan dalam kegiatan sehari-hari. Langkah ini dapat dicoba dari hal yang paling sederhana, misalnya dengan mengubah gaya rambut. Penampilan baru konon akan membuat pikiran lebih segar dan membawa dampak positif pada lingkungan sekitar. Jangan lupakan elemen terpenting di poin ini: kenyamanan adalah prioritas utama.

13, Menghabiskan Satu Judul Buku Setiap Bulan

Kita semua setuju buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, Anda dapat melihat gagasan dan sudut pandang yang baru. Tujuan dari menargetkan satu buku setiap bulan ini sebetulnya lebih ke arah melatih intensitas Anda dalam mengembangkan diri. Saat menamatkan sebuah buku, secara perlahan Anda akan tertantang untuk meningkatkan kualitas bacaan yang mana akan baik bagi pengembangan diri Anda. Mulailah dari menemukan tipe bacaan yang menarik minat Anda.

 

 

  1. Membuat Jurnal Harian

Menulis jurnal harian adalah sarana pengenalan diri sendiri yang efektif. Melalui metode ini, Anda akan belajar mengenali kesalahan diri sendiri dan belajar memperbaikinya. Selain itu, menulis jurnal harian terbukti mampu meningkatkan daya memori, kreativitas, melatih kedisiplinan, dan dapat pula menjadi mesin waktu jika suatu waktu nanti Anda tertarik untuk membaca ulang jurnal tersebut.

  1. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi

Beralih ke transportasi umum artinya mengurangi debit kendaraan di jalanan yang menjadi salah satu pemicu kemacetan. Saat mengurangi jumlah kendaraan, artinya Anda juga berkontribusi mengurangi polusi udara yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor.

Ketika menggunakan transportasi umum secara tidak langsung Anda menjadi terbiasa mengamati perubahan-perubahan sosial yang ada di masyarakat, misalnya dari segi busana maupun perilaku. Tidak menutup kemungkinan juga kan, Anda akan mendapatkan koneksi baru saat sedang melaju di dalam transportasi umum.

  1. Investasi jangka panjang

Tidak ada kata terlambat untuk berinvestasi, apalagi untuk Anda yang masih berkepala dua. Ada berbagai jenis investasi jangka panjang yang bisa dilakukan sejak saat ini, mulai dari investasi kecil seperti reksa dana, hingga saham dan properti. Dengan melakukan investasi tentu akan ada resiko yang akan dihadapi, namun keuntungannya pun akan lebih besar dibandingkan menabung biasa. Pelajari baik-baik jenis investasi yang ingin diambil sebelum memutuskan ke mana akan menanamkan aset-aset berharga itu.

  1. Berani Mengambil Resiko

Pernah dengar jargon “never try, never know”? Sudah bukan saatnya lagi untuk terus-terusan main aman. Setiap tujuan yang Anda impikan pasti akan memiliki resiko. Jangan sampai resiko ini menjadi binatang buas yang menakut-nakuti Anda untuk bergerak ke depan. Persiapkan amunisi terbaik untuk meraih mimpi itu, mantapkan niat, matangkan rencana, teguhkan hati, dan bersiaplah mengambil resiko. Karena pada akhirnya Anda akan lebih menyesal tidak mengambil kesempatan yang ada, daripada mencoba meraih kesempatan tersebut. Jika di tahun ini Anda menargetkan untuk memiliki usaha sampingan di bidang bisnis travel online, AeroTicket dapat membantu Anda merencanakan bisnis tersebut bahkan dalam modal kecil. Jangan ragu untuk menghubungi support kami di reservation [at]aeroticket.co.id dan (021) 7205788.

Jangan biarkan tahun ini terlewat begitu saja tanpa pencapaian yang berarti, bahkan yang terkecil sedikitpun. Selamat menyongsong tahun yang lebih baik!