Hobi jalan-jalan tidak bisa dipungkiri, merupakan salah satu hobi yang menguras isi dompet. Tapi pernahkah bermimpi mendapatkan pekerjaan yang membayar Anda untuk jalan-jalan? Pekerjaan tersebut belum tentu mudah, namun mimpi Anda untuk pergi ke banyak tempat selagi menghasilkan uang dapat terwujud, sehingga Anda pun dapat berkeliling tanpa perlu risau menghabiskan jatah cuti dan tabungan. Mungkin saja daftar ini membuat Anda berpikir ulang mengenai karir di awal tahun 2017. Inilah 10 pekerjaan yang cocok untuk Anda yang senang bepergian:

Flight Attendant

Bekerja sebagai flight attendant atau pramugari/pramugara menjadi satu dari sekian jawaban teratas untuk jenis pekerjaan yang memungkinkan bepergian ke banyak tempat. Profesi ini tidak memerlukan gelar khusus, namun pengalaman di bidang pelayanan pelanggan, mental kuat serta daya tahan ekstra menjadi nilai tambah untuk menjalaninya. Jam kerja yang padat dan serba cepat menjadi salah satu alasannya. Selain bepergian dalam wilayah satu negara, bepergian ke negara lain dimungkinkan pada jenis penerbangan long haul. Selain bepergian saat bekerja, menjadi flight attendant juga memberikan kesempatan penerbangan gratis ataupun diskon besar untuk karyawan dan keluarganya, saat bepergian dengan maskapai tempat bekerja.

Fotografer

Ada berbagai macam profesi fotografer yang memungkinkan Anda untuk pergi ke banyak tempat. Fotografer pernikahan misalnya. Sebagian besar pasangan tentu menginginkan momen pernikahan mereka diabadikan dengan baik, untuk itu, umumnya mereka rela mengeluarkan uang lebih untuk membayar fotografer di tempat tujuan acara pernikahan hingga tempat bulan madu.

 

Lainnya ialah fotografer aksi panggung yang umumnya tergabung dalam kru sebuah band. Profesi ini memungkinkan fotografer untuk keliling tujuan konser lokal hingga mancanegara, dari gigs kecil hingga festival musik internasional. Ada pula fotografer landscape, travel hingga jurnalis. Proyeknya yang beragam, memungkinkan 3 profesi ini mengunjungi tempat-tempat yang mengagumkan, mulai dari tempat indah seperti Lembah Baliem di wilayah Papua hingga tempat menyeramkan seperti medan perang.

Kru Kapal Pesiar

Bekerja di kapal pesiar tentunya menjadi impian sebagian traveler. Kapal pesiar membuka banyak lowongan dari berbagai latar belakang; mulai dari staf kebersihan, juru masak, pramusaji restoran, penjaga toko, instruktur fitness hingga musisi. Dengan keahlian dan pengalaman yang cukup di bidang customer care atau hospitality, tentunya siapapun bisa mencoba untuk menjadi kru kapal pesiar, sesuai dengan latar belakangnya. Selain dapat bepergian ke berbagai negara selama berbulan-bulan, kru kapal pesiar pun mendapatkan fasilitas makanan serta akomodasi selama berlayar.

WWOOFer

Anda menjunjung tinggi konsep ethical traveler, menyukai gaya hidup sehat, dan senang dengan kehidupan rural? Kalau begitu, coba ikuti WWOOF. WWOOF atau World Wide Opportunities on Organic Farms adalah sebuah gerakan sosial berskala dunia yang lahir di Inggris pada tahun 1971, dengan tujuan mempertemukan relawan dengan petani organik di berbagai wilayah. Dengan bergabung dalam gerakan ini, Anda bisa berkelana sambil bekerja kurang lebih 4-6 jam setiap harinya dengan kompensasi berupa makanan, tempat tinggal, dan kesempatan untuk mengenal budaya lokal lebih jauh. Durasi yang ditawarkan sangat beragam (dari hitungan minggu, bulan hingga tahunan) serta begitu juga dengan tujuannya; mulai dari ladang organik kecil di wilayah Padangbai, Bali, hingga perkebunan agroforestri di Londrina, Brazil. Jika berminat untuk mencoba, Anda bisa mendaftar dan mencari lowongan di http://wwoof.net/

Au Pair

Au Pair memungkinkan seseorang untuk tinggal bersama sebuah keluarga yang memiliki anak kecil di suatu negara dalam rentang waktu tertentu, dengan bekerja sebagai pengasuh anak. Program ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menikmati hiup di negara asing, terutama bagi yang baru saja selesai kuliah. Jika Anda menyukai anak-anak dan menguasai bahasa lain selain bahasa ibu, program ini bisa menjadi pilihan. Bekerja sebagai au pair menuntut waktu kerja harian yang panjang lama dengan bayaran seadanya (selain mendapatkan tempat tinggal dan makanan), namun pengalaman yang didapatkan akan sangat berharga untuk memahami budaya bangsa lain dan kemungkinan besar, juga mendapatkan keluarga kedua yaitu host family tersebut.

ESL/TEFL Teacher

Bila Anda mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang baik, maka kesempatan menjadi pengajar ESL (English as Second Language) atau TEFL (Teaching English as Foreign Language) telah ada di depan mata! Karena Bahasa Inggris dibutuhkan di banyak negara, maka lowongan untuk menjadi pengajar bahasa ini pun tersedia di mana-mana. Untuk menjadi pengajar, tentunya dibutuhkan sertifikasi terlebih dahulu seperti CELTA (Certificate in English Language Teaching to Adults) yang dapat diperoleh dalam waktu 4 minggu. Kontrak kerja untuk pekerjaan ini berkisar dari bulanan hingga tahunan. Profesi ini memberikan penghasilan yang lumayan serta terkadang, pengguna jasa memfasilitasi akomodasi dan biaya perjalanan. Yang terpenting, jika menjadi guru ESL/TEFL, Anda dapat tinggal di berbagai negara (seperti Filipina, Vietnam, dll) dan berinteraksi dengan warga lokal dalam waktu yang cukup panjang.

Penulis Perjalanan (Travel Writer)

Senang menulis dan juga jalan-jalan? Anda mungkin bisa mencoba untuk menjadi travel writer dan memulainya dengan menulis kisah/catatan perjalanan di blog pribadi. Beberapa situs dan majalah menyediakan posisi full-time untuk ini, namun tidak sedikit juga yang menyediakan posisi freelance karena penerbit tersebut menginginkan tulisan dari pengalaman langsung sang penulis di suatu tempat, untuk dipublikasikan oleh mereka.

Instruktur Selam

Penghasilan dari profesi ini, secara umum tidak akan membuat kaya raya. Terlebih, selain mengajar cara menyelam/scuba diving, instruktur selam juga bertanggung jawab dengan nyawa pelajarnya. Terdengar menyeramkan? Jangan patah semangat terlebih dahulu! Profesi ini menawarkan pengalaman yang sangat kaya. Menjadi instruktur selam berarti dapat mengunjungi berbagai dive spot yang mengagumkan, bertemu banyak orang dari berbagai macam latar belakang, pergi dari satu negara ke negara lainnya, dan yang terpenting, menyelamatkan nyawa orang lain, yang tentunya menjadi sebuah pengalaman yang tak ternilai dengan materi!

Selain itu, seorang instruktur selam memiliki kesempatan menjelajah bumi dengan cara yang berbeda dari kebanyakan orang, yaitu melalui dunia bawah laut, yang tentu tak semua orang dapat mencobanya. Untuk menjadi instruktur selam, Anda harus memulainya dengan meraih lisensi Open Water yang dikeluarkan organisasi selam seperti PADI atau SSI dan terus meng-upgrade lisensi tersebut hingga menjadi Divemaster, baru setelahnya Anda dapat mengambil sertifikasi untuk menjadi Open Water Scuba Instructor.

 

Freelance

Pekerjaan freelance tak cuma terbatas di bidang penulisan, fotografi, dan videografi, karena banyak pula perusahaan yang menyediakan lowongan freelance untuk social media manager, engineer, arsitek hingga software developer. Bekerja secara freelance berarti memiliki kebebasan untuk bekerja di mana saja, selama pekerjaan tersebut dapat diselesaikan, yang berarti Anda tidak terpaku untuk tinggal di satu tempat. Pernah mendengar istilah digital nomad? Istilah ini ditujukan kepada orang-orang yang tidak memiliki tempat tinggal tetap, umumnya berkelana ke berbagai negara, bekerja dari jarak jauh, serta mengandalkan teknologi untuk berhubungan dengan klien. Hal tersebut dimungkinkan dengan perkembangan teknologi. Terlebih lagi, saat ini beberapa situs pun menyediakan jasa mempertemukan klien dan freelancer, sesuai bidang pekerjaannya. Menarik bukan?

Travel Agent

Jika Anda suka jalan-jalan, senang menyusun itinerary, dan sering dimintai tolong oleh teman/kerabat untuk perencanaan perjalanan, lantas mengapa tidak mencoba untuk mendapatkan penghasilan dari hal tersebut? Untuk memulainya, Anda bisa menggunakan sistem dari AeroTicket dan mendirikan bisnis tiket online sendiri. Tidak perlu pusing perihal modal, karena paket sistem yang diberikan beragam, sehingga pas untuk usaha modal kecil dan cocok bagi Anda yang mencari usaha sampingan. Dengan menjadi travel agent online, Anda mempunyai keleluasaan waktu untuk bekerja dan bepergian ke berbagai tempat yang dinginkan. Untuk melihat paket kemitraan Aeroticket, Anda bisa langsung cek di laman http://aeroticket.com/kemitraan